MultisportSportainment

5 Peralatan Camping Penting yang Wajid Dipersiapkan

Suasana yang syahdu dan menenangkan di alam bebas bisa dibilang terbukti ampuh buat menghilangkan pikiran stres akibat rutinitas sehari-hari. Wajar saja, jika akhir pekan tiba tempat wisata seperti camping ground selalu ramai dipadati orang-orang.

Namun, kemah ceria tetap saja penuh akan tantangan dan membutuhkan sejumlah peralatan penting untuk menghadapinya. Apa saja peralatan camping tersebut? Berikut ini beberapa peralatan penting yang wajib disiapkan buat camping.

1.      Tenda yang berkualitas

Ada berbagai jenis tenda yang bisa lo gunakan buat berkemah, mulai dari tenda pramuka, tenda dome, sampai tenda tarp tent. Saat ini, tenda dome lebih diminati oleh banyak orang. Alasannya karena tenda jenis ini lebih mudah untuk didirikan dan juga praktis dibawa ke mana-mana.

Kalau memang Anda tidak memilikinya, maka Anda bisa menyewanya di toko rental outdoor terdekat. Meski menyewa, jangan asal memilih juga. Pastikan kalau tenda yang Anda sewa berkualitas. Cek lagi semua kelengkapannya, mulai dari jumlah pasak, kondisi frame, resleting tenda dan lain sebagainya.

2.      Kompor dan gas portable

Kompor dan gas portable juga menjadi salah satu peralatan penting yang wajib disiapkan buat camping. Anda bisa membeli atau menyewa kompor portable yang didesain khusus buat kegiatan outdoor.

Kompor portable ini biasanya berukuran lebih kecil dengan sumbu api yang lumayan besar. Selain itu, kompor portable juga praktis dibawa ke mana-mana. Bobotnya pun kira-kira kurang dari setengah kilo, sehingga mudah untuk di-packing di dalam tas carrier atau daypack.

Jika ingin membawa kompor satu ini, jangan lupa untuk membawa gasnya yang berbentuk seperti tabung pilox. Biasanya antara kompor dan gas dijual secara terpisah. Anda bisa mencarinya di toko yang menjual perlengkapan kegiatan outdoor.

3.      Peralatan masak

Bawalah peralatan masak secukupnya demi kenyamanan saat camping. Jangan bawa panci atau wajan besar buat memasak, karena yang dibutuhkan hanya nesting dan satu spatula serta peralatan makan dan minum seperti piring, sendok, garpu plastik, dan gelas lipat.

Kalau belum memilikinya, maka Anda bisa menyewa semua perlengkapan masak tersebut di toko rental outdoor terdekat. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan untuk meminimalisir bawang bawaan.

4.      Sleeping bag

Di mana pun Anda berkemah, pasti Anda pasti butuh alas tidur di dalam tenda. Tidak heran, kalau sleeping bag atau kantong tidur juga menjadi salah satu peralatan camping yang penting disiapkan.

Dengan membawa sleeping bag, tidur Anda juga bisa menjadi lebih aman. Sebab, sleeping bag bisa menghalau suhu dingin selama Anda tidur. Ada dua jenis sleeping bag yang bisa Anda pilih, yakni tipe selimut dan tipe mummy. Keduanya sama-sama nyaman dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5.      Matras

Meski sudah membawa sleeping bag, Anda juga harus membawa matras biar tidur Anda lebih nyaman. Sebelum menggunakan sleeping bag, lapisi alas tenda terlebih dahulu dengan matras. Hal ini bertujuan agar tubuh terasa lebih hangat.

Tidak cuma bisa dijadikan sebagai alas tidur, salah satu peralatan penting yang wajib disiapkan buat camping juga bisa digunakan buat alas duduk buat berkumpul di luar tenda. Ada banyak jenis matras yang tersedia, tapi matras gulung adalah jenis matras yang paling umum digunakan buat camping.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close