Sportainment

5 Olahraga yang Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pandemi virus corona baru memang berdampak pada banyak sektor, namun bukan berarti Anda meninggalkan olahraga. Pasalnya, dengan melakukan olahraga minimal tiga kali dalam seminggu bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengingat adanya imbauan melakukan social distancing serta untuk berdiam di rumah, berikut macam-macam olahraga apa yang bisa dilakukan di rumah masing-masing selama menjalani masa karantina mandiri di tengah pandemi virus corona:

1.      Skipping atau lompat tali

Olahraga yang satu ini bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin sesuatu yang simpel dan hanya memerlukan tali skipping. Skipping atau lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah dan tetap bisa membuat Anda berkeringat dan meregangkan otot.

Lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan. Jika kuat, Anda bisa melakukannya 15 sampai 20 menit per hari.

2.      Yoga

Untuk menghindari risiko cedera karena tak ada pelatih yang mengawasi, Anda tak perlu melakukan gerakan yang rumit. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga simpel yang sudah dipelajari sendiri.

Melakukan yoga sederhana juga salah satu solusi untuk tetap sehat. Anda bisa mencoba beberapa gerakan sederhana di rumah seperti, tree pose, cat-cow, dan mountain pose. Olahraga ini dapat meregangkan otot dan membakar kalori untuk mengurangi berat tubuh. Pastikan Anda menggunakan matras sebagai tempat untuk melakukan yoga.

3.      Jogging

Jogging atau berlari tidak hanya bisa dilakukan di tempat umum atau di luar rumah. Anda juga bisa melakukan jogging di rumah dengan berlari di tempat atau menggunakan treadmill.

4.      Aerobic atau Zumba

Olahraga seperti zumba atau aerobik memang lebih menyenangkan kalau dilakukan beramai-ramai. Namun, bukan berarti dua olahraga ini tak bisa dilakukan di rumah, apalagi di saat melakukan karantina mandiri.

Agar tetap menyenangkan dan semangat, putar lagu dan panduan aerobik atau zumba di televisi atau ponsel Anda untuk memberikan suasana yang mirip dengan di tempat latihan. Lakukan kurang lebih selama 30 menit tiap sore hari untuk mendapatkan hasil olahraga yang maksimal.

5.      Olahraga kardio

Olahraga kardio efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan melindungi jantung dari ragam gangguan. Olahraga ini bisa dilakukan di rumah tanpa peralatan.

Beberapa gerakan yang bisa dicoba seperti, high knees yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggerakan otot utama pada bagian paha dan betis pada kecepatan tertentu. Lalu, ada burpee, yaitu olah gerak keseluruhan tubuh.

Burpee terdiri dari gerak jongkok (squat), tendang kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali melakukan squat (ke posisi jongkok) dan terakhir berdiri sambil berloncat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close