Sportainment

5 Manfaat Olahraga Sepeda untuk Wanita

Tren bersepeda yang kini tengah marak, membuat semakin banyak wanita yang mencobanya. Manfaat dari olahraga sepeda bagi wanita sendiri ada beragam dan tak hanya berkutat seputar kesehatan fisik, namun juga mental.

Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, Anda perlu melakukannya secara rutin, dengan cara yang benar dan aman. Terutama di masa pandemi corona seperti sekarang, keamanan saat olahraga ini harus lebih diperhatikan dan jangan sampai jadi ajang penularan dan penyebaran penyakit. Berikut ini berbagai manfaat olahraga sepeda bagi wanita yang bisa didapatkan.

1.      Mengurangi resiko sakit jantung

Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, stroke dan diabetes. Sebab, olahraga ini dapat menurunkan potensi berbagai kondisi yang bisa menjadi risiko penyakit tersebut, seperti obesitas, misalnya.

2.      Menjaga berat badan

Melakukan olahraga ini secara rutin, terutama dengan intensitas tinggi, dapat membantu menurunkan kadar lemak di tubuh. Dengan begitu, berat badan Anda pun bisa terjaga di level yang ideal.

Olahraga ini juga akan meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, sehingga tubuh bisa lebih efektif membakar kalori, bahkan saat sedang beristirahat.

3.      Meredakan gejala menstruasi

Rutin berolahraga ini sangat baik untuk meredakan berbagai gejala yang spesifik dialami wanita, seperti gejala menstruasi dan menopause. Jika Anda melakukannya secara rutin, maka rasa tidak nyaman yang kerap mampir saat kedua fase tersebut tiba, bisa berkurang.

4.      Memperbaiki postur tubuh

Saat melakukan olahraga ini, secara otomatis Anda akan mencoba untuk menstabilkan posisi tubuh dan menjaga sepeda agar tetap lurus. Hal ini akan membantu meningkatkan keseimbangan dan memperbaiki postur tubuh.

Seiring bertambahnya usia, keseimbangan pun akan semakin berkurang, sehingga bisa jadi salah satu cara untuk mempertahankannya. Dengan memiliki tubuh yang seimbang, maka risiko Anda jatuh dan mengalami cedera saat melakukan kegiatan sehari-hari pun akan berkurang.

5.      Baik untuk kesehatan mental

Rutin melakukan olahraga ini dapat membantu meredakan stres, depresi, dan gangguan kecemasan. Dengan berkonsentrasi memperhatikan jalan saat berolahraga, maka pikiran Anda akan ikut fokus dan menikmati momen yang saat ini sedang dilewati.

Hal ini bisa menyingkirkan pikiran-pikiran negatif yang sering mampir di kepala orang-orang dengan kondisi mental tersebut. Selain itu, berolahraga juga akan memicu keluarnya endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan yang dapat menurunkan stres.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close