MultisportSportainment

5 Manfaat Olahraga Dumbell yang Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Angkat dumbell adalah olahraga yang ampuh untuk memperbesar massa otot. Namun, itu bukanlah satu-satunya manfaat dari olahraga tersebut. Faktanya, angkat beban secara rutin sangatlah baik untuk kesehatan fisik dan juga mental. Tidak percaya? Buktikan sendiri lewat penjelasannya di bawah ini.

Beberapa riset membuktikan bahwa angkat beban tidak hanya memperbesar massa otot, tapi juga meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh. Untuk lebih jelasnya, pahamilah beberapa manfaat angkat barbel ini.

1.      Meredakan depresi

Berolahraga dikenal sebagai aktivitas yang dapat meredakan gejala depresi, dari olahraga berenang hingga dansa aerobik. Ternyata, mengangkat beban berat seperti barbel atau dumbell juga memiliki efek yang sama terhadap kesehatan mental. Sebuah riset, sekitar 40 responden diminta untuk berolahraga lari dan angkat beban. Ternyata, efek yang dihasilkan untuk meredakan gejala depresi, sama-sama signifikan.

2.      Mencegah osteoporosis

Manfaat angkat beban selanjutnya adalah mencegah osteoporosis atau berkurangnya kepadatan tulang. Menurut seorang ahli, angkat barbel tidak hanya memperkuat otot, tapi juga tulang yang digunakan saat sedang mengangkat barbel itu.

3.      Meningkatkan performa olahraga

Angkat beban disebut sebagai salah satu fondasi kuat untuk Anda meningkatkan performa berolahraga. Misalnya, Anda suka bermain sepak bola. Dengan sering berlatih angkat barbel, tenaga Anda akan terlatih dan bisa menjadi pemain sepak bola yang “kuat” di lapangan, sehingga tidak mudah terjatuh saat berebut bola. Selain itu, angkat barbel juga disebut mampu meningkatkan ketangkasan dan daya tahan Anda dalam berolahraga.

4.      Mencegah cedera patah tulang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, angkat beban bisa memperpadat tulang sehingga mencegah osteoporosis. Ternyata, tulang yang kuat juga bisa mencegah cedera patah tulang. Tidak hanya itu, angkat beban juga dipercaya dapat mendukung kesehatan sendi-sendi tubuh.

5.      Membakar kalori

Perlu diakui, olahraga kardiovaskular disebut lebih ampuh dalam membakar kalori. Namun ternyata, kemampuan angkat beban seperti dumbell atau barbel dalam membakar kalori tidak boleh diremehkan. Sebab, mengangkat beban bisa membantu Anda membakar kalori, bahkan setelah sesi olahraga sudah usai. Hal ini dikenal dengan sebutan efek afterburn dalam dunia olahraga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close