Sportainment

5 Manfaat Luar Biasa dari Olahraga Lari

Lari merupakan salah satu olahraga yang paling sederhana, baik dari cara melakukannya maupun perlatannya. Bisa dibilang lari tidak membutuhkan ongkos yang mahal layaknya olahraga lainnya.

Namun siapa sangka di balik kesederhanaan itu, lari ternyata punya manfaat yang luar bisa. Apa saja, berikut manfaat luar biasa olahraga lari.

1. Meningkatkan kualitas otak

Ketika kamu berlari, saraf akan memberikan asupan oksigen ke pusat otak yang lebih banyak dari biasanya. Asupan oksigen yang banyak akan membuat otak berfungsi lebih aktif. Maka tak jarang ketika kamu berlaari otak akan menghasilkan solusi-solusi tak terduga dari masalah yang sedang kamu hadapi.

2. Terhindar dari penyakit kardiovaskular

Peneliti dari Lowa Unisversity menyebut berlari dapat memperkecil risiko terkena penyakit kardiovaskular. Penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah ini menduduki peringkat pertama sebagai penyakit yang menyebabkan kematian. Sehingga tak berlebihan jika orang yang gemar berolahraga lari punya peluang hidup lebih lama.

3. Mengurangi deperesi

Ketika kamu berlalri, tubuh secara perlahan akan melepaskan hormon endorfin. Hormon ini berkaitan dengan rasa bahagia. Jika kandungan endorfin meningkat dalam darah, sedikit demi sedikit kamu akan merasakan eforia dan depresi pun menghilang.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Jika kamu punya masalah insomnia cobalah berlari di malam hari. Lari di malam hari atau olahraga di malam hari dapat memperbaiki kualitas tidurmu menjadi lebih baik lagi. Namun sebelum tidur, kamu harus memberi jeda satu jam untuk menetralisir suhu tubuh.

5. Meningkatkan fungsi organ tubuh

Lari secara rutin tidak hanya membaut jantung sehat, tetapi juga tulang dan persendian dalam tubuh. Manfaat olahraga lari juga berlaku bagi orang yang berusia lanjut karena mencegah penyakit sendi degeneratif atau ostearthritis.

Olahraga lari adalah olahraga yang sederhana. Tidak membutuhkan outfit khusus layaknya olahraga yang lain. Kamu hanya perlu menyediakan pakaian dan sepatu.

Menggunakan pakaian dan sepatu khusus akan memberikan kenyamanan saat berlari. Pilihlah pakaian dari bahan yang adem yang menyerap keringat dengan pori-pori lebar. Dengan demikian tubuh tidak akan terasa panas dan basah saat berlari.

Jangan lupa untuk memilih sepatu khusus lari. Sepatu lari didesain senyaman mungkin untuk mencegah kaki dari cedera saat berlari. Jangan menggunakan sembarang sepatu yang terasa berat di kaki dan menghambatmu saat berlari.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close