Multisport

5 Manfaat besar Main Sepatu Roda 3 kali Seminggu

Tidak banyak orang yang tahu kalau ternyata inline skate menjadi salah satu olahraga yang memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan jika dilakukan secara rutin. Menurut penelitian medis, inline skate berada pada peringkat tiga teratas untuk olahraga yang mampu meningkatkan kebugaran fisik.

Memang sebenarnya apa saja sih manfaat dari melakukan sepatu roda secara rutin? Simak ulasannya di bawah ini.

1.      Menjaga kebugaran

Dalam penelitian tersebut, inline skate pun bersanding bersama olahraga jogging pada posisi pertama dan bersepeda di posisi dua. Bahkan faktanya olahraga ini pun ternyata juga mengungguli popularitas renang.

Peningkatan kebugaran adalah salah satu yang bisa paling dirasakan ketika Anda mulai rutin bermain inline skate. Normalnya Anda melakukan aktivitas ini sebanyak tiga kali dalam seminggu, sedangkan durasi sesi yang dianjurkan yaitu selama dua jam per masing-masing sesi.

Sebelum melakukan inline skate, ada baiknya Anda tidak terlalu banyak makan terlebih dahulu. Bahkan Anda disarankan untuk makan setelah melakukan aktivitas ini. Hal ini dilakukan untuk mencegah rasa tidak nyaman di perut saat bermain inline skate, karena biasanya akan ada banyak goncangan ketika Anda bermain inline skate.

2.      Mengendalikan berat badan

Melakukan inline skate secara rutin ternyata bisa membantu Anda membakar sebanyak 6 kalori selama 1 menit dan 360 kalori selama 1 jam. Semakin cepat Anda berseluncur dengan sepatumu, maka akan semakin banyak juga kalori yang akan terbakar.

Meskipun Anda bisa membakar banyak kalori dengan rutin main sepatu roda, disarankan juga agar Anda menjaga pola makan yang baik dan teratur. Jika tidak, hasilnya juga tidak akan maksimal. Sebab, Anda hanya mengganti kalori yang tadi sudah Anda bakar dengan makanan yang berkalori tinggi lagi.

3.      Membentuk otot bagian kaki

Tak hanya bisa mengendalikan berat badan, dengan bermain inline skate secara teratur juga bisa memberikan dua keuntungan sekaligus. Keuntungan lainnya yaitu dapat mengubah lemak yang ada di tubuhmu menjadi otot yang bisa jadi selama ini Anda idam-idamkan.

Meski begitu, perlu diingat bahwa hal ini terjadi melalui proses yang bertahap. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka sebaiknya Anda memeriksa kemajuan yang ada dalam diri Anda setelah melakukan inline skate setiap bulannya.

4.      Menghilangkan insomnia

Olahraga ini juga dianjurkan untuk Anda yang mengalami permasalahan dalam tidur. Banyaknya kalori yang dibakar ketika bermain inline skate membuat Anda akan tidur dengan cepat pada malam hari. Anda pun bisa merasakan badan yang lebih bugar pada keesokan harinya.

Jika dibandingkan dengan beberapa olahraga lainnya, inline skate bahkan lebih unggul dari sekedar bermain bola basket dan tenis. Inline skate lebih baik dari keduanya untuk memperbaiki kualitas dan pola tidur yang Anda inginkan.

5.      Menghilangkan stress

Seperti kegunaan olahraga pada umumnya, bermain inline skate secara teratur juga mampu membantu Anda untuk berpikir secara jernih. Selain itu, Anda juga akan lebih positif dalam memandang kehidupan. Hal ini memang bukan pengetahuan baru, karena dengan berolahraga bisa membantu Anda untuk menghilangkan stress.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close