Sportainment

5 Latihan Dasar untuk Pemula di Tempat Gym

Bagi Anda yang belum pernah datang ke tempat gym tentu akan bingung apa yang harus dilakukan. Akan berbeda jika Anda menyewa jasa instruktur untuk langsung mengarahkan latihan apa saja yang dilakukan.

Namun, bagi yang tak didampingi seorang instruktur, momen pertama datang ke tempat gym akan sangat membingungkan. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak menu latihan yang bisa diaplikasikan untuk pemula.

Berikut tips gym sebagai rekomendasi latihan-latihan serta cara melakukannya saat pertama kali datang ke tempat gym. Penjelasan ini dikutip dari Times of India.

1. Squat

Cara melakukan squat adalah berdiri tegak dengan kaki dilebarkan sebahu. Lalu, arahkan kedua tangan ke depan, dorong pinggul ke belakang dan tekuk lutut secara perlahan hingga membentuk sudut 90 derajat.

Gerakkan pinggul ke belakang agar menyerupai posisi duduk, tekuk lutut hingga paha sejajar dengan lantai. Kemudian pastikan punggung dalam posisi lurus dan mata menatap ke depan. Selain itu, Anda juga harus menjaga otot perut agar tetap kencang.

2. Lugne

Lunge bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan dan kelenturan pinggul. Untuk melakukannya, berdiri tegak dengan posisi kaki selebar pinggung. Kedua tangan juga diletakkan di pinggul dengan punggung dalam kondisi lurus.

Pastikan kedua bahu agar tidak tegang serta arahkan tatapan ke depan. Ambil langkah jauh ke depan dengan satu kaki. Saat melangkah, arahkan pinggul ke bawah dan menekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Ulangi hal tersebut dengan kaki yang berbeda.

3. Bent over row

Latihan ini untuk membentuk otot punggung. Untuk itu, Anda membutuhkan beban untuk alat bantu. Caranya, berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu, tegakkan posisi punggung, tapi pinggang sedikit ditekuk condong ke depan dan lutut yang juga sedikit ditekuk.

Saat tangan membawa beban, telapak tangan harus menghadap ke bawah. Lalu, angkat beban mendekati pusar dengan posisi punggung dan pinggang tak bergerak. Tarik napas saat menurunkan bebas dan menghembuskan napas saat mengangkatnya.

4. Overhead press

Posisi berdiri sama seperti di langkah nomor 3. Bedanya, dalam latihan ini, punggung harus dalam keadaan lurus dan lengan ditempatkan di atas kepala. Seperti sebelumnya, tarik napas saat menurunkan beban dan menghembuskannya saat mengangkat beban.

5. Chest press

Latihan ini dilakukan dengan cara berbaring. Lutut Anda harus ditekuk dan jauhkan kaki Anda. Sambil menahan beban, rentangkan lengan Anda dan mengembalikan ke bawah. 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close