MultisportSportainment

5 Langkah Tepat Merawat dan Membersihkan Sepatu Roda

Membersihkan sepatu roda merupakan hal yang sangat penting, hal ini dilakukan untuk memastikan roda pada sepatu terus berfungsi dengan baik. Anggap saja sebagai rutinitas perawatan diri untuk sepatu roda, semakin Anda memanjakannya semakin baik pula kinerjanya. Untuk Anda skater pemula yang masih mempelajari teknik skate, lima pemeriksaan rutin ini akan memastikan sepatu Anda tetap dalam kondisi terbaik. 

1.      Jaga agar tetap kering

Salah satu tips perawatan sepatu terpenting adalah menjaganya tetap kering. Sepatu dapat menjadi basah karena keringat atau sepatu di luar ruangan dalam kondisi basah. Terlepas dari bagaimana boot menjadi lembab, penting untuk mengelap boot sepatu, di bagian dalam dan luar, setelah Anda selesai bermain skating. Penting juga untuk membiarkan sepatu mengering secara alami.

Saat melepas sepatu lalu menyekanya, diamkan sepatu hingga benar-benar kering dari keringat. Jika Anda tidak berhati-hati dalam mengeringkan sepatu, Anda dapat menemukan semua jenis bakteri, bau, bahkan jamur yang tumbuh dari sisa keringat kaki.

2.      Hindari panas berlebih

Mungkin Anda tergoda menggunakan sumber panas untuk mengeringkan sepatu, tetapi jangan lakukan itu. Anda dapat merusak atau melelehkan komponen plastik, atau bahkan merusak bahan kulit sepatu. Anda bisa mengeringkannya dengan hair dryer cool air dan jangan langsung menjemurnya di bawah terik sinar matahari. 

3.      Periksa bagian truck

Para skater harus secara rutin memeriksa truck sepatu mereka untuk memastikannya kencang dan aman. Beberapa skaters dengan sengaja melonggarkan truck mereka untuk meningkatkan kemampuan manuver. Para skaters ini juga harus secara rutin memeriksa truck mereka untuk memastikan truck tidak terlalu longgar lebih dari yang diinginkan, dan kedua roda pada sepatu sama longgarnya.

Jika Anda bermain sepatu roda di luar ruangan atau di medan yang kasar, Anda perlu memeriksa kekencangan truck lebih sering.

4.      Bersihkan roda dan toe-stop

Anda juga perlu memeriksa roda sepatu dari waktu ke waktu untuk memastikan roda itu berputar dengan benar. Jika roda tidak berputar dengan bebas bisa jadi karena penumpukan kotoran di bagian roda. Roda sepatu yang rusak harus diganti. Jika hanya kotor, luangkan waktu untuk melepas dan membersihkan roda seperlunya.

Meski toe-stop membutuhkan perawatan yang sangat minim karena tidak memakan banyak gesekan seperti bagian lain dari roller skate dalam banyak kasus. Anda juga perlu memeriksanya. Saat Anda melakukan pemeriksaan rutin, luangkan waktu sejenak untuk mengamati foot-stop dan pastikan posisinya dikencangkan sesuai dengan ketinggian yang Anda inginkan dan pastikan kedua sisi sama posisinya. 

5.      Berikan pelumas pada bearing

Bantalan sepatu merupakan komponen integral dari setiap roda sepatu. Kebanyakan bantalan sepatu tertutup dan dianggap bebas perawatan. Padahal bearing harus tetap kering dan bersih; ini sangat penting untuk roller skate luar ruangan.

Bantalan yang tidak tertutup perlu dilumasi dari waktu ke waktu. Untuk melumasi bearing cukup dengan melepaskannya dari roda, seka dengan kain, dan oleskan dengan beberapa tetes pelumas bearing.

Nah, itulah beberapa tips cara merawat sepatu roda yang tepat. Bagi Anda yang ingin bermain sepatu, namun belum memiliki sepatu roda dan aksesoris pendukung lainnya, kebetulan di Shopee lagi ada Promo 11.11 Big Sale. Sebelum promonya terlewatkan, ayo segera kunjungi aplikasi Shopee, pilih produk yang diinginkan, dan serbu promonya sekarang juga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close