Sportainment

5 Langkah Mudah Merawat Sepatu Bulutangkis

Sepatu bulutangkis juga mempunyai banyak sekali model dan jenis sepatu badminton. Terlebih sekarang banyaknya online shop yang menjual sepatu bulu tangkis dengan berbagai model dan jenis sepatu. Tentu saja ini membuat para penggemar badminton saling berburu sepatu model terbaru.

Namun sayang nya, kebanyakan orang hanya senang dengan mengoleksi sepatu bulutangkis saja tanpa tau bagaimana cara merawat sepatu, bagaimana cara membersihkan sepatu, bagaimana cara mencuci sepatu dan bagaimana cara menyimpan sepatu yang benar. Berikut 5 langkah mudah merawat sepatu bulu tangkis kesayangan Anda.

1.      Gunakan sepatu saat berolahraga

Setelah membeli sepatu bulutangkis, pakailah sepatu Anda secara rutin untuk berolahraga. Jadi, olahraga rutin tidak hanya baik untuk Anda, tetapi juga untuk sepatu bulutangkis Anda.

Sepatu yang rutin dipakai akan lebih terawat dibanding sepatu yang hanya dipakai sekali dalam setahun. Terlalu lama disimpan hanya akan membuat sepatu Anda berjamur., lembab dan bau. Terlalu lama dibiarkan pun, bisa bikin sepatu menjadi keras dan kaku. Kalau rutin memakai sepatu bulutangkis, maka sepatu Anda akan terjaga elastisitasnya.

2.      Menepukkan sepatu setelah digunakan

Setelah bermain biasakan menepuk-nepuk sepatu bulutangkis Anda. Dengan menepukkan sepatu kiri dan kanan, debu atau pasir yang menempel bisa segera hilang. Outsole sepatu bulutangkis memiliki banyak lubang-lubang. Kadang Anda tidak sadar banyak debu di lapangan yang bisa menempel ke sepatu. Apalagi jika Anda selalu  pakai sepatu yang sama dari rumah menuju lapangan. Tanah pun bisa menempel dan merusak sepatu jika terlalu lama diabaikan.

Cara menepukkan sepatu bulutangkis ini biasa saja. Tidak perlu menepukkan terlalu keras agar sepatu tidak rusak. Dengan rutin melakukan langkah ini, sepatu Anda akan terjaga dan tidak kotor.

3.      Cuci dengan baking soda

Saat mencuci sepatu gunakanlah baking soda, kemudian sikat secara perlahan. Anda bisa pakai sikat gigi yang sudah tidak dipakai lagi untuk menjangkau semua bagian yang kotor. Sikat gigi bisa menjangkau sela-sela sepatu atau ruang yang kecil.

4.      Jemur sepatu di bawah sinar matahari

Pastikan saat mencuci sepatu cuaca sedang panas. Anda bisa memastikannya dengan melihat prakiraan cuaca. Langkah ini sangat disarankan dan penting dilakukan.

Jika cuaca cerah, Anda tidak perlu menunggu lama, sepatu akan mudah kering dengan sempurna. Namun, Anda harus pula mengubah letak sepatu ke berbagai posisi sehingga air tidak menumpuk di salah satu tempat saja. Angkat sepatu yang sudah kering dengan segera. Anda tentu tidak mau warna sepatu bulutangkis memudar karena terlalu lama di bawah sinar matahari.

5.      Simpan ditempat yang benar

Anda perlu menyimpan sepatu bulutangkis dengan benar. Pastikan ada  sirkulasi udara yang cukup. Hal ini dapat mencegah sepatu berbau atau berjamur. Anda bisa pula memasukkan kantong bubuk teh yang masih kering atau koran yang sudah diremas-remas lebih dulu ke dalam sepatu. Ini bertujuan mencegah bau dan menjaga sepatu tetap kering.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close