Multisport

5 Langkah Merawat Raket Bulutangkis

Bagi Anda yang hobi olahraga bermain bulutangkis, memilih segala hal yang berkaitan dengan bulutangkis pastilah harus dilakukan secara hati-hati dan penuh pertimbangan. Memang, tidak harus membeli segala sesuatunya dengan harga yang paling mahal, yang penting berkualitas dan original, seperti https://shopee.co.id/search?category=41&keyword=raket%20bulutangkisraket bulutangkis.

Akan tetapi, sebagus apapun kualitas atau semahal apapun harga perlengkapan ini, akan percuma saja jika tidak dilakukan perawatan dengan cara yang tepat. Khususnya, untuk raket yang memiliki intensitas penggunaan sangat tinggi. Padahal, semakin sering raket ini digunakan, maka tentunya perawatannya juga harus lebih diperhatikan.

Untuk Anda yang baru mulai ingin bermain bulutangkis secara rutin, mungkin masih belum mengetahui cara merawat raket dengan cara yang tepat. Anda tidak perlu khawatir, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat raket bulutangkis dengan tepat.

1.      Pilih raket yang tepat

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu, pilihlah raket yang tepat saat membelinya. Hal ini penting, sebab jika Anda sudah merasa cocok dengan raket tersebut, Anda pasti akan lebih memperhatikan perawatannya.

Namun, dalam memilih yang cocok ini juga tidak bisa sembarangan, sebab raket juga memiliki banyak sekali jenis. Anda harus memperhatikan berat raket, titik keseimbangan (tipe raket), tingkat fleksibilitas batang raket, dan bentuk bingkai. Biasanya, jenis raket ini dipilih berdasarkan dari cara bermain Anda.

2.      Lapisi pegangan karet

Agar raket terasa nyaman dan tidak licin saat dimainkan, Anda bisa memberikan lapisan handuk atau grip pada pegangan raket. Hal ini berlaku pada raket yang memang belum memiliki lapisan, sebab terkadang ada beberapa raket yang sudah dilengkapi dengan lapisan anti licin.

Namun, jangan terlalu berlebihan dalam memberikan lapisan, bisa jadi nantinya raket Anda malah terasa tidak nyaman saat digunakan.

3.      Lapisi senar raket

Sebelum Anda bermain bulutangkis, lapisi terlebih dahulu seluruh bagian senar dengan lilin. Hal ini, akan membuat senar semakin kuat dan tidak mudah putus. Namun, bukan berarti Anda bisa menggunakannya sembarangan, Anda tetap harus berhati-hati sebab senar ini tetap saja memiliki risiko putus jika Anda memainkannya secara sembarangan.

4.      Perhatikan penyimpanannya

Simpan raket di tempat yang aman, dan tidak lembab. Khususnya, saat baru selesai digunakan sebaiknya gantung raket di lokasi yang memiliki sirkulasi baik. Hal ini dapat membantu agar air keringat ataupun cairan lain yang menempel pada raket dapat kering dengan cepat.

5.      Jaga kebersihannya

Bersihkan raket setiap kali Anda sudah selesai menggunakannya. Lap seluruh bagian raket, khususnya bagian pegangan raket yang pastinya basah terkena keringat Anda. Jika Anda ingin lapisan raket tetap terlihat bersih dan cerah, Anda bisa melapisi tangkai raket dengan minyak kayu putih.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close