MultisportSportainment

5 Langkah Agar Pukulan Smash Keras dan Terarah

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang paling terkenal di wilayah Asia, khususnya China dan Asia Tenggara. Banyaknya atlet manca negara dan nasional yang mengukir nama mereka di puncak dunia semakin menginspirasi banyak kaum muda untuk terjun mendalaminya.

Ada banyak teknik yang dilakukan oleh atlet-atlet badminton seperti drop shots, push, drive, dan pastinya smash. Teknik ini adalah teknik unggulan yang tidak hanya menunjukkan kekuatan, tapi teknik ini juga mematikan. Memang untuk melakukan teknik smash yang benar dan kuat tidak mudah, tapi Anda bisa mempelajari beberapa tips ini untuk mendapatkan smash yang optimal.

1.      Jangan biarkan otot terlalu tegang

Ketika sedang bermain, memang akan selalu ada tekanan untuk melakukan yang terbaik. Apakah Anda tahu kalau hanya dengan stres sedikit, otot kamu bisa menjadi tegang secara otomatis?

Inilah yang merupakan titik lemah terbesar bagi para atlet. Terkadang otot yang terlalu tegang akan memperlambat gerakan tubuh dan juga menghambat Anda untuk melakukan smash yang kuat.

Untuk melakukan smash, diperlukan suatu tenaga yang secara khusus difokuskan untuk teknik ini. Otot harus dalam keadaan siap dan dinamis untuk mengeluarkan ledakan energi yang cukup untuk smash.

2.      Manfaatkan pergelangan tangan

Kalau Anda terlalu menggunakan banyak tenaga di awal-awal, tenaga yang Anda butuhkan untuk melakukan smash otomatis tidak akan keluar.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan pergelangan tangan untuk menambah tenaga. Jangan mengandalkan pundak dan lengan atas karena kedua bagian ini nggak akan menciptakan momentum pukulan secepat pergelangan tangan.

Anda tidak membutuhkan otot yang kuat untuk melakukan smash tajam. Penggunaan pergelangan tangan juga berguna untuk membuat kok bulutangkis menukik bak peluru.

3.      Adu cepat dengan shuttlecock

Pernahkah Anda merasa kalau ingin melakukan smash, akan lebih mudah dilakukan jika tubuh Anda mencondong ke depan daripada ke belakang?

Karena itu, Anda harus memprediksi arah shuttlecock sebelum menyentuh tanah. Ketika sudah mengunci posisi tersebut, segera beralih langkah dan posisikan diri Anda beberapa langkah di belakang kok bulutangkis. Dengan begini Anda bisa mendapatkan tenaga natural untuk mendorong shuttlecock dengan lebih kuat.

4.      Jangan ayunkan secara mencolok

Memang untuk mencapai smash yang kuat, Anda harus lebih mengandalkan pergelangan tangan dibandingkan dengan gerakan dari pundak dan lengan. Tetap gunakan sedikit tenaga dari lengan dan pundak untuk mengayunkan raket sebelum memukul shuttlecock. Mulai tenaga dari situ, kemudian semakin dipercepat dan diteruskan ke pergelangan tangan.

Meski demikian, lebih baik ayunan lengan ini dibatasi, jangan sampai Anda menghabiskan tenaga untuk mengayunkan lengan. Cukup ayunkan lengan dengan bayangan melakukan seperempat lingkaran. Sedikit mirip dengan gaya mencambuk.

5.      Latih teknik scissor jump

Apa sih scissors jump itu? Ketika Anda berlari ke arah shuttlecock, berikan perhatian lebih ke gerakan langkah Anda. Melompatlah dengan posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, kemudian putar tubuh Anda secara horizontal ke kiri ketika Anda sedang di udara.

Dengan melakukan ini, Anda bisa menambahkan tenaga alami. Kalau ditambah tenaga dari scissors jump dan tenaga dari lari memukul shuttlecock, dijamin smash Anda pasti akan menjadi lebih kuat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close