Multisport

5 Komponen Sepeda Road Bike yang Bisa Dimodifikasi

Bagi Anda yang cepat bosan dengan barang, terutama salah satu moda transportasi yaitu sepeda, modifikasi adalah hal yang perlu untuk dicoba. Memodifikasi bukan berarti merubah secara total dengan menghilangkan esensi, melainkan lebih kepada penyempurnaan bagian-bagian agar performanya semakin maksimal dan juga penampilannya semakin ciamik.

Berikut akan dibahas mengenai lima komponen sepeda road bike yang dapat Anda modifikasi.

1.      Warna dan bentuk frame

Memodifikasi sepeda road bike secara optimal adalah dengan mengganti ataupun mengecat ulang dengan gaya yang baru. Modifikasi frame tidak hanya untuk keperluan mempercantik penampilan, tetapi juga untuk menambah kenyamanan pengguna. Anda bebas menyesuaikan bentuk dan ukuran frame berdasarkan gaya bersepeda dan kenyamanan Anda saat bersepeda.

Cara untuk mengganti warna dan corak frame bisa dengan cara mengecat ulang dengan teknik air brush ataupun melapisinya dengan stiker menarik.

2.      Handle bar

Memodifikasi handle bar bisa disebut sebagai langkah penting dan umum dilakukan oleh banyak orang, karena merupakan komponen sepeda yang menjadi pusat kendali. Selain untuk pertimbangan kenyamanan, juga dapat membuat penampilan Anda semakin keren. Terdapat banyak varian bentuk handle bar. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

3.      Sadel atau jok sepeda

Memodifikasi sadel seringkali dilakukan dengan menggantinya dengan ukuran dan bentuk yang variatif. Bentuk dan ukuran sadel sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan. Selain itu, sadel juga dapat mempengaruhi penampilan Anda.

Pada umumnya, modifikasi sadel dilakukan dengan menambahkan perangkat tambahan seperti dompet maupun tas kecil yang ditempel di bawah sadel. Hal ini berfungsi sebagai penyimpan barang-barang berukuran kecil saat bersepeda dengan trek yang jauh.

4.      Rem atau brake

Bagian brake atau rem merupakan bagian vital pada semua sepeda, terlebih sepeda yang dikhususkan untuk keperluan ekstrem. Hal ini karena kualitas rem sangat penting untuk menjaga keamanan Anda saat berkendara.

Memodifikasi brake dapat dilakukan dengan mengganti salah satu bagian kecil pada brake, ataupun dengan mengganti bagian brake secara menyeluruh.

5.      Memodifikasi ban sepeda

Bagi Anda yang gemar bersepeda pada semua macam trek, maka ban adalah komponen sepeda yang wajib Anda perhatikan. Pilihan ukuran dan jenisnya pun sangat beragam.

Mengganti ban secara berkala juga merupakan sebuah keharusan, karena gerigi pada permukaan sepeda lama-kelamaan akan terkikis dan jika sudah mulai halus akan berbahaya karena akan mudah slip terutama berkendara saat hujan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close