Multisport

Komponen yang Dibutuhkan untuk Merakit Sepeda Minion

Sejak pandemi virus corona ini menerjang dunia, banyak tren baru bermunculan. Tren ini muncul karena sebagian orang mencari cara menghilangkan stres walau di rumah saja. Selain memasak dan merapikan rumah, tren baru yang muncul saat masa pandemi adalah gowes alias bersepeda. Tak heran, jika saat ini banyak toko sepeda yang kebanjiran pesanan. Bahkan beberapa dari Anda mencoba untuk merakit kembali sepeda lama agar terlihat seperti baru. Sepeda minion misalnya, menjadi salah satu sepeda yang paling banyak dirakit ulang.

Sepeda minion menjadi salah satu sepeda yang paling banyak dirakit ulang karena merupakan sepeda lawas. Sepeda ini tadinya dikenal juga dengan sepeda ibu sayur karena sering digunakan untuk berjualan sayur. Sepeda minion memiliki ciri khas terdapat lengkungan pada desain framenya. Ingin mencoba merakit sendiri? Berikut komponen sepeda yang Anda butuhkan.

1.      Frame

Frame menjadi bagian utama dari sepeda minion. Sebab, frame menjadi rangka utama yang menyangga bentuk sepeda. Kalau Anda tidak ingin membeli sepeda yang sudah jadi dan tertantang untuk merakitnya sendiri, Anda bisa mencoba memilih frame-nya terlebih dulu.

Pilih frame yang kuat agar sepeda minion Anda bisa tahan lama. Ada tiga merk frame sepeda minion yang bisa jadi alternatif, yakni Phoenix, Deki dan Oyama. Pilih frame yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetyang Anda punya.

2.      Handlebar

Selanjutnya ada handlebar atau stang. Anda bisa mengganti handlebar lama pada sepeda minion Anda dengan yang baru agar penampilannya lebih impresif dan performanya lebih apik. Beragam varian handlebar bisa Anda pilih yang disesuaikan dengan kebutuhanmu. Ukuran handlebar sendiri ada beberapa jenis, mulai dari diameter 22,2 mm dengan panjang 58 cm dan tinggi 17 cm, hingga yang berdiameter 25,4 mm dengan panjang 58 cm dan tinggi 15 cm. Pilih sesuai dengan kenyamanan Anda ya.

3.      Sadel

Kenyamanan saat berkendara perlu Anda perhatikan agar saat bersepeda dengan jarak cukup jauh, Anda tidak akan merasa cepat terasa lelah. Sadel menjadi suku cadang sepeda minion yang perlu Anda perhatikan saat merakit sepeda. Pilih sadel yang empuk dan nyaman. Jika memungkinkan, pilih sadel dengan pegas di bagian bawahnya agar saat melewati jalanan yang berguncang, sadel Anda akan melakukan suspensi dengan baik.

4.      Hand grip

Selanjutnya, hand grip yang menjadi komponen sepeda minion yang harus ada saat Anda merakitnya. Hand grip melindungi handlebar agar Anda mantap saat berkendara dan tidak mudah lelah saat bersepeda dalam jangka waktu yang cukup lama. Pilih hand grip berbahan karet agar tidak licin jika tangan Anda berkeringat atau Anda bersepeda saat hujan.

5.      Lampu

Lampu khusus sepeda atau setidaknya mata kucing menjadi bagian penting dari komponen sepeda minion yang wajib Anda pasang. Sebab, refleksi dari cahaya yang memantul dari lampu akan sangat berguna bagi pengendara lain jika melewatimu saat situasi minim cahaya. Setidaknya pasang dua lampu cat eye pada sepeda minion Anda di bagian depan dan belakang agar Anda bisa berkendara dengan aman.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close