BolaMultisportSportainment

5 Kelebihan Sepatu Futsal dari Bahan Sintetis

Setelah ratusan tahun didominasi oleh kulit hewan asli, di era modern ini, justru kulit sintetis yang merajai pasar sepatu. Memang ada golongan tertentu yang mengagungkan keunggulan sepatu dari kulit asli. Namun, sebagian besar sepatu yang diproduksi saat ini dibuat dari kulit buatan.

Kulit sintetis berasal dari campuran bahan kimia yang diolah di pabrik. Sama sekali tidak ada bahan kulit di dalamnya. Tapi, penampilannya sangat mirip dengan kulit. Awalnya, produsen sepatu ogah menggunakan kulit imitasi karena dianggap murahan. Selain itu, para produsen tidak percaya bahwa kulit sintetis bisa digunakan untuk membuat sepatu berkualitas.

Kini, produsen sepatu top seperti Nike, Puma, Adidas, dan New Balance menggunakan kulit sintetis dalam pembuatan produk sepatunya.  Apa saja kelebihan bahan kulit buatan ini? Simak ulasan di bawah ini.

1.      Harga sepatu lebih murah

Menyamak kulit hewan bukan saja proses yang rumit, tapi butuh tenaga dan biaya yang cukup besar. Ditambah untuk ternak hewan yang akan dikuliti, butuh biaya untuk makanan dan perawatan.

Efeknya, sepatu futsal yang terbuat dari kulit hewan yang original cenderung dipasarkan dengan harga yang mahal pula.

Beda kasusnya dengan kulit sintetis. Bahan-bahannya tinggal dibuat atau dibeli. Jadi, sepatu dengan kulit sintetis relatif lebih murah. Wajar saja jika kulit buatan ini dipilih dalam pembuatan sepatu olahraga, termasuk sepatu futsal.

2.      Sepatu mudah dikreasikan

Kulit sintetis dapat dicelupkan ke berbagai warna dan dibuat dalam berbagai bentuk saat memproduksi sepatu. Hasilnya, produsen sepatu pun lebih mudah membuat kreasi, terutama dalam menciptakan sepatu dengan warna cerah. Hal ini tidak berlaku pada kulit asli. Pasalnya, pencelupan justru bisa merusak kualitas kulit. Kekhawatiran ini tidak ditemukan ketika memproduksi sepatu sintetis dari kulit imitasi.

3.      Sepatu lebih tahan air

Betapa pun Anda mencintai sepatu futsal dari kulit asli, harus diakui bahwa sepatu tersebut menyerap air dengan bagus. Sepatu jadi terasa berat ketika dipakai dan berpotensi merusak performa Anda saat berusaha mengalahkan lawan di lapangan. Sepatu kulit juga jadi cenderung cepat rusak ketika basah.

Anda bisa beralih ke sepatu yang terbuat dari kulit sintetis. Bahan ini dibuat water resistant alias tahan air. Jadi, kalau pun basah, sepatu hanya butuh dikeringkan atau dilap sebentar dan bisa langsung dipakai lagi.  

4.      Mudah perawatannya

Harga yang relatif lebih murah dan tahan air seharusnya sudah jadi alasan yang cukup untuk membeli sepatu dari kulit sintetis. Kalau Anda butuh alasan tambahan, mari masukkan kemudahan perawatan dalam daftar ini.

Dengan berbagai aktivitas yang mengisi jadwal Anda, merawat sepatu kerap jadi yang terakhir Anda lakukan. Namun, ini bukan masalah jika sepatu futsal terbuat dari bahan kulit sintetis. Seringnya, mengelap sepatu dengan kain kering sudah cukup, bila sepatu tidak terlalu kotor.

5.      Sepatu yang ramah lingkungan

Kalau Anda pecinta hewan, tentu tidak tega membayangkan ada hewan yang harus kehilangan nyawa untuk membuat sepatu Anda. Ini juga yang jadi salah satu perhatian ketika kulit sintetis ditemukan. Dengan menolak memakai sepatu yang terbuat dari kulit hewan asli, setidaknya Anda tidak berpartisipasi dalam menghilangkan nyawa hewan untuk kepentingan manusia.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close