Sportainment

5 Jenis Tenda Gunung yang Wajib Diketahui Para Pendaki Pemula

Bagi Anda pecinta alam tentunya sangat senang dengan kegiatan satu ini yaitu camping. Tenda gunung merupakan tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya yang menutupi dan melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung.

Beberapa tenda gunung tidak perlu berdiri di atas tanah karena ada beberapa model yang menggantung di pohon atau di tebing. Sebaiknya jangan asal dalam memilih perlengkapan yang satu ini, Anda juga harus memastikan bahwa jenis perlengkapan yang akan Anda gunakan tersebut pas dan nyaman saat digunakan saat berada di alam terbuka.

Tentunya Anda lebih  memilih yang praktis, aman, dan bisa dibawa kemana-mana. Berikut ada 5 jenis tenda yang dapat Anda gunakan dalam kegiatan camping.

1.       Dome

Sebagai salah satu jenis yang paling banyak digunakan oleh para pendaki, dome adalah salah satu jenis yang paling populer. Memiliki ciri khas pada bentuk melengkung pada tiang-tiang penyangganya, jenis ini cocok sekali untuk Anda bawa ke tempat yang tidak memiliki cuaca ekstrim.

Keunggulan dari jenis ini adalah mudah mendirikannya, bentuk depan yang bagus, jumlah penyangga yang lebih dari tiga, dan juga memiliki harga yang paling murah dari yang paling sering digunakan. Namun, jenis ini tidak bertahan lama di cuaca angin kencang dan salju.

2.       Kubah pop up

Kalau Anda ingin yang praktis saja, jenis kubah pop up adalah jawaban yang paling tepat. Model kubah pop up ini sering sekali digunakan oleh para pendaki modern.

Anda tidak perlu repot mendirikannya, tinggal membukanya maka akan berdiri dalam hitungan detik saja. Jenis ini umumnya tidak besar, hanya cukup untuk dua orang. Jika Anda ingin membeli model jenis ini, Anda diharuskan merogoh kocek lebih dalam karena harganya lebih mahal dengan jenis dome.

3.       Jenis tunel

Untuk Anda yang ingin berkemah dengan teman atau keluarga, jenis tunel adalah pilihan yang tepat untuk Anda bawa saat camping. Seperti namanya, jenis ini seperti membentuk terowongan memanjang dan memberikan ruang yang lebih.

Karena bentuknya yang besar, tentu jenis ini lebih berat dari dua jenis sebelumnya dan tidak terlalu tahan dengan angin kencang. Memasang model jenis ini juga memakan waktu lebih lama, dan juga memerlukan lebih dari satu orang untuk mendirikannya.

4.       Jenis ridge

Jenis ridge ini mudah populer dan disenangi banyak kalangan pendaki karena desainnya yang kokoh.Namun, perlu Anda ketahui kalau jenis ini ternyata mengurangi ruang penyimpanan dan ruang untuk tidur karena memiliki dinding yang miring. Kemudian dengan desain yang klasik atau terkesan kuno, jenis ini mempunyai bobot yang lebih berat dibandingkan dengan jenis sebelumnya.

5.       Jenis geodesi dan semi-geodesi

Mirip dengan jenis kubah namun jenis geodesi dan semi-geodesi memiliki tiang tambahan yang saling silang sehingga menciptakan area dalam yang lebih luas dan struktur yang lebih kuat. Model jenis ini dinilai tahan akan angin dan hujan kencang dan tidak mudah roboh.

Namun, perlengkapan canggih dan kuat ini mempunyai harga yang lebih mahal serta beban bobotnya yang lebih berat dibandingkan dengan sebelumnya, menjadikan model jenis ini tidak banyak yang menggunakan karena hal-hal tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close