MultisportSportainment

5 Jenis Perahu Karet yang Biasa Digunakan untuk Kegiatan Rafting

Selain dayung, helm dan pelampung, perahu merupakan salah satu kebutuhan pokok ketika Anda bersiap mengarungi arus liar. Perahu karet untuk kegiatan arung jeram pun tidak bisa dianggap mudah, ada standar khusus yang mengaturnya demi terciptanya kenyamanan dan keselamatan selama bermain air.

Selain harus tangguh, perahu karet untuk arung jeram pun terdiri dari berbagai macam. Berikut merupakan jenis perahu karet arung jeram, lengkap dengan fungsinya masing-masing.

1.      Landing Craft Rubber

Jenis perahu ini tergolong sederhana tapi memiliki fungsi yang cukup mumpuni. Selain bisa digunakan sebagai perahu arung jeram, jenis perahu ini pun bisa digunakan untuk aksi penyelamatan. Mengenai kekuatannya, semuanya tergantung dari perusahaan yang membuat.

2.      Perahu Oval

Perahu oval memiliki ciri khas yang unik ketimbang jenis perahu lainnya. Untuk jenis perahu ini, bagian haluan dan buritannya dibuat agak mencuat. Design seperti ini akan memungkinkan perahu bisa mengikuti arus dengan baik, tidak mudah kemasukan air, dan cenderung lebih stabil.

3.      Non Self Bailing Floor

Jenis perahu Non self Bailing Floor merupakan jenis lebih spesifik dari perahu oval. Mengenai kemampuannya, design perahu ini akan memungkinkan Anda bisa menjelajahi arus dengan baik, lebih stabil dan tangguh. Ciri khas utamanya adalah, perahu ini tidak dilengkapi dengan lubang pembuangan air.

Untuk menutupi kekurangannya, perahu ini biasanya dilengkapi dengan ember khusus untuk menguras air yang masuk ke dalamnya. Walaupun begitu, perahu ini masih jadi favorit karena kestabilannya.

4.      Self Bailing Floor

Berbeda dengan jenis Non Self Bailing Floor, perahu yang satu ini sudah dilengkapi dengan lantai yang bisa dipompa dan lubang pembuangan air. Self Bailing Floor sendiri termasuk dalam jenis perahu baru, dan dianggap sangat memudahkan ketika akan membuang air yang masuk ke dalam perahu.

Mengenai kelebihannya sendiri, perahu ini tergolong tangguh, stabil dan cenderung mudah dikendalikan. Diantara semua jenis perahu, Self Bailing Floor dianggap sebagai yang paling sempurna.

5.      Inflatable Raft

Perahu Karet jenis ini banyak digunakan untuk keperluan olahraga dan rekreasi seperti arung jeram (rafting) dan atau penggunaan ringan lainnya. Di saat diperlukan, perahu jenis ini dapat juga digunakan untuk bencana banjir atau evakuasi. Namun, yang membedakannya dengan perahu jenis LCR adalah perahu jenis ini harus menggunakan dayung karena tidak tersedia transom untuk mesin tempel.

Dari sisi bahan, biasanya perahu jenis ini menggunakan bahan PVC. Dan dari sisi penggunaan, umumnya digunakan untuk kebutuhan penggunaan ringan sampai menengah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close