MultisportSportainment

5 Jenis Olahraga Kardio yang Efektif Membakar Lemak

Sudah melakukan diet dan mengkonsumsi makanan sehat, akan tetapi berat badan masih tak kunjung turun? Kombinasi diet sehat dengan olahraga kardio dapat menjadi solusi untuk Anda. Ada banyak jenis olahraga yang dapat anda pilih, salah satunya adalah olahraga kardio.

Selain efektif menurunkan berat badan, Olahraga kardio terbukti ampuh membakar lemak tubuh. Tidak hanya itu, manfaat lain yang dapat anda rasakan adalah menurunkan stres, menjaga kestabilan gula darah, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Aktivitas ini juga dapat anda lakukan sendiri di rumah maupun di tempat gym.

Yuk, simak beberapa olahraga kardio yang dapat anda lakukan di rumah maupun di tempat gym berikut ini!

1.      Lompat tali

Olahraga kardio untuk membakar lemak yang satu ini hanya membutuhkan waktu 15-20 menit per harinya. Jumlah kalori yang dibakar lumayan besar, sekitar 220 kalori. Anda hanya membutuhkan tali skipping untuk melakukan olahraga kardio ini. Selain itu ada banyak sekali variasi yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

·         Lakukan lompat tali selama 10-30 detik kemudian istirahat selama 10 detik. Ulangi minimal 10 kali atau sebanyak mungkin.

·         Lakukan lompat tali selama 30 – 60 detik serta kombinasikan dengan gerakan jumping jacksquat, atau push up selama 30 detik.

2.      Jogging

Olahraga kardio paling efektif ini dapat Anda lakukan di dalam maupun luar ruangan. Dibandingkan dengan olahraga lari, jogging lebih menekankan pada bagian sendi sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah pada bagian lutut. Olahraga ini juga cocok bagi para pemula sebab gerakannya sangat mudah untuk dilakukan. Setiap 1 km, jogging dapat membakar kalori sebanyak 110. Anda dapat memulai jogging dengan durasi waktu 10-15 menit setiap harinya.

3.      Zumba

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga kardio yang satu ini. Zumba merupakan jenis olahraga yang populer baik di kalangan pria ataupun wanita di segala usia. Hal ini disebabkan Zumba memiliki konsep yang asik dan unik. Olahraga ini biasanya berlangsung selama 60 – 90 menit. Zumba terbukti ampuh membakar kalori hingga 400 kalori.

4.      Treadmill

Olahraga kardio menggunakan treadmill sering digunakan untuk membakar lemak. Alat ini juga mampu membantu menurunkan berat badan, mengencangkan tubuh, serta meningkatkan kapasitas kardiovaskular. Anda dapat menggunakannya untuk olahraga lari ataupun berjalan cepat. Selain itu, anda juga dapat berlari secepat mungkin selama 30 detik, kemudian berjalan santai selama 1 menit.

5.      Sepeda statis

Berbeda dengan sepeda biasa, anda dapat mengatur intensitas alat olahraga kardio ini sehingga akan lebih susah digunakan. Sepeda statis ini mampu membakar hingga 675 kalori.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close