MultisportSportainment

5 Jenis Helm Sepeda yang Harus Dipahami Pemula

Jika dilihat secara sekilas, helm-helm sepeda sepertinya terlihat sama antara satu dengan lainnya. Padahal helm sepeda itu banyak jenisnya. Dan setiap jenis diperuntukkan untuk medan yang berbeda.

Setidaknya ada 5 jenis helm yang bisa kamu temui di pasaran. Desainnya memang agak mirip, tapi memiliki fungsi yang berbeda. Jadi, kalau Anda ingin membeli helm untuk gowes, pastikan Anda tidak salah beli.

Jangan membeli helm jenis full face kalau sepeda Anda jenis road bike. Kalau Anda pria, jangan juga membeli helm sepeda yang khusus didesain untuk wanita. Sebab tidak akan nyaman saat dipakainya. Simak dulu 5 jenis helm sepeda berikut ini agar tidak salah beli.

1.      Helm MTB

Helm jenis ini dirancang khusus goweser sepeda MTB. Didesain dengan tambahan visor di depan dan pelindung bagian samping lalu bagian belakang.

Selain itu, ikatan pada helm ini sangat kencang karena mengandalkan ikatan khusus agar kepala lebih aman dari benturan di belakang.

2.      Helm road bike

Helm jenis roadbike dirancang untuk sepeda balap dan juga kegiatan gowes di jalan raya, sebenarnya ini merupakan helm standar di pasaran.

Memiliki beban ringan, ventilasi yang banyak dan proteksi kuat. Helm ini umumnya tidak mempunyai visor, karena posisi pesepeda yang agak menunduk dan jika ditambah visor akan menghalangi pandangan.

Desain helm roadbike biasanya sangat aerodinamis. Sebab jenis sepeda road bike memang untuk melaju secepat mungkin di jalan raya.

3.      Helm aero road

Helm jenis ini merupakan varian campuran antara time trial dan road sehingga memberikan kenyamanan saat bergerak.

Bobotnya juga ringan dan ringkas, serta didesain dengan bentuk yang lebih aerodinamis sehingga helm ini memiliki sirkulasi udara yang baik.

4.      Helm full face

Helm jenis ini khusus untuk perlindungan maksimal dengan menambah perlindungan di bagian dagu, gigi, mulut, dan pipi. Goweser yang hobi downhill atau mendaki dengan medan ekstrim wajib banget menggunakan helm ini.

5.      Helm khusus wanita

Ada juga helm sepeda yang dirancang khusus untuk perempuan, helm ini memiliki bentuk yang sama dengan helm pria, cuman ukurannya lebih kecil.

Warnanya lebih feminim, selain itu helm wanita ini memiliki fitur tambahan lubang atau ruang untuk rambut yang dikuncir atau rambut yang diikat ke belakang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close