MultisportSportainment

5 Gerakan Olahraga yang Terbukti Ampuh Mampu Mengecilkan Perut

Olahraga kardio memang kurang efektif menghilangkan lemak di bagian perut. Walaupun begitu, aktivitas fisik ini dapat membantu menurunkan berat badan Anda secara keseluruhan. Terlebih olahraga ini bisa dilakukan siapa saja, bahkan tanpa memerlukan peralatan tambahan.

Berikut beberapa jenis olahraga kardio yang bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah antara lain sebagai berikut ini.

1.      Jogging

Jogging atau berlari santai merupakan aktivitas olahraga harian yang murah dan mudah dilakukan. Jumlah kalori yang dibakar saat melakukan aktivitas ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jarak, durasi, berat badan, hingga intensitasnya.

Sebagai contoh, jogging dengan jarak 5 km selama satu jam mampu membakar 596 kalori pada orang dewasa dengan berat badan 70 kg. Sementara pada orang dewasa dengan berat badan 84 kg yang melakukan intensitas yang sama bisa membakar 710 kalori.

2.      Lompat tali

Jika Anda malas pergi ke luar rumah, Anda bisa olahraga menggunakan tali skipping di dalam ruangan. Olahraga ini selain efektif menurunkan berat badan agar perut kecil, juga bisa meningkatkan kebugaran organ jantung dan paru-paru.

Lompat tali selama 30 menit mampu membakar sekitar 500 kalori. Jika Anda tidak kuat untuk lompat terus-terusan, lakukan secepat mungkin selama satu menit, istirahat 20-30 detik, dan ulangi hingga target waktu tercapai.

3.      Side plank

Berbeda dengan teknik plank biasa, olahraga mengecilkan perut ini akan menantang Anda menopang berat badan pada dua titik saja, yakni kaki dan siku.

Side plank juga membuat otot inti, termasuk perut dan punggung Anda bekerja lebih keras sehingga postur tubuh menjadi lebih stabil.

4.      Cross crunch

Cross crunch adalah olahraga mengecilkan perut yang tampak cukup sederhana. Namun Anda rentan mengalami cedera jika salah melakukan gerakannya. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya konsultasi dulu dengan instruktur Anda di gym.

Selain membuang lemak, gerakan senam untuk mengecilkan perut ini juga bisa melatih kekuatan otot paha dan punggung Anda.

5.      Bicycle crunch

Bicycle crunches adalah gerakan olahraga yang cukup menantang. Sesuai dengan namanya, gerakan ini mirip seperti orang naik sepeda yang mengayuh dengan kaki kanan dan kiri.

Perbedaannya, Anda melakukan gerakan ini dengan posisi tubuh telentang dan mengayunkan kedua kaki di udara. Latihan ini bisa membuat otot perut semakin rata dan kuat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close