MultisportSportainment

5 Gerakan Olahraga Kardio Terbaik yang Banyak Memiliki Manfaat

Seperti yang Anda ketahui, olahraga kardio adalah jenis olahraga yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Dari beberapa sumber kesehatan, jenis olahraga kardio menghasilkan pergerakan otot yang lebih banyak selama periode waktu yang berkelanjutan untuk menjaga detak jantung setidaknya 50% dari tingkat maksimumnya.

Selain kesehatan jantung, ada juga manfaat lainnya dari olahraga kardio bagi tubuh Anda. Olahraga kardio mampu memperkuat paru-paru, meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stres, dan juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Salah satu pola latihan atau olahraga kardio yang mudah dan efektif adalah dengan berlari atau jalan cepat.

Namun banyak juga orang yang tidak suka melakukan olahraga kardio dengan berlari atau jalan kaki yang memang sangat mudah dan murah dilakukan. Untuk mengatasi yang satu ini, bagi Anda yang tidak suka berlari atau jalan cepat, ada beberapa alternatif pilihan olahraga kardio untuk mengganti gerakan lari. Berikut beberapa olahraga kardio yang bisa Anda lakukan yang memiliki banyak manfaat.

1.      Gerakan jump rope

Olahraga kardio yang pertama dibahas adalah jump rope. Peralatan jump rope cukup mudah Anda bisa menggunakan tali skipping, alat ini bisa dengan mudah didapatkan di toko olahraga. Cara melakukannya juga mudah, cukup atur tempo gerakan tangan yang memutar tali dengan lompatan kaki yang menghindarinya. Lakukan selama 5-10 menit tanpa berhenti di awal latihan olahraga kardio ini sebelum menjalani ke waktu yang lebih lama.

2.      Gerakan jumping jacks

Olahraga kardio jumping jacks diawali dengan berdiri tegak, lalu melompat dengan membuka kaki dan membuka tangan ke samping hingga sampai ke atas kepala. Jumping jacks merupakan olahraga kardio terbaik yang dapat meningkatkan detak jantung dan melancarkan aliran darah.

3.      Gerakan mountain climbers

Cara melakukan olahraga kardio terbaik yang satu ini dengan membuat posisi push up dan tubuh tetap lurus kemudian diikuti gerakan lutut maju mendekati dada. Tekuk lutut kiri dan silangkan ke arah kanan dalam tubuh (posisi kaki seperti berlari) menghampiri siku kanan. Kemudian berganti posisi, silangkan lutut kanan ke arah kiri dalam tubuh. Lakukan bergantian secepat mungkin tanpa mengangkat pinggul, selama 30 sampai 60 detik. Selain meningkatkan detak jantung, gerakan olahraga kardio ini melatih perut, kaki, dan glutes.

4.      Gerakan ski hops

Ski hops merupakan gerakan dari olahraga kardio dengan melompat dari satu kanan ke kiri dan sebaliknya dengan posisi tubuh condong ke depan layaknya orang bermain ski. Yang harus diperhatikan dalam melakukan gerakan salah satu olahraga kardio terbaik ini, saat mendarat harus menggunakan dua kaki secara bersamaan. Ingin meningkatkan level, gunakan boks di antara lompatan.

5.      Gerakan burpees

Gerakan olahraga kardio yang satu ini cocok untuk kamu yang malas berolahraga. Gerakan yang satu ini sangat cocok untuk melatih semua bagian tubuh dalam satu gerakan. Cara melakukannya dengan berdiri dengan kaki selebar bahu dan rentangkan kedua tangan ke atas dengan telapak menghadap depan. Lalu lontarkan tubuh ke atas setinggi yang kamu mampu sambil menarik napas. Terus ulangi siklus sampai kamu menyelesaikan 10-20 repetisi burpees.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close