Basket

5 Cara Mudah untuk Memperbaiki Teknik Menembak Bola Basket

Mengetahui dan menguasai bagaimana cara menembak bola basket yang benar dan tepat sasaran merupakan kemampuan yang paling penting dan sangat dibutuhkan saat bermain basket. Karena itu menembak dalam olahraga basket merupakan teknik dasar yang sangat penting untuk dikuasai.

Pada dasarnya permainan basket adalah permainan yang cukup sederhana. Meski Anda tidak memiliki postur tubuh yang tinggi, namun dengan kemampuan menembak yang unggul, Anda dapat menguasai dan memenangkan pertandingan.

Dan berikut merupakan metode yang harus diperhatikan untuk melakukan teknik menembak bola basket dengan baik dan benar.

1.      Fokus dan perhatikan letak ring basket

Fokuskan mata pada ring agar terbentuk arah target bola. Ini juga bertujuan untuk memprediksi arah tembakan, jarak, dan tenaga yang akan diperlukan.

2.      Menggunakan kuda-kuda yang benar

Perhatikan keseimbangan badan dan kuda-kuda kaki harus selebar bahu bertumpu pada lutut yang ditekuk dan menjadi titik untuk melompat. Ujung kaki mengarah ke ring sehingga dapat menciptakan arah yang sesuai.

3.      Memegang bola dengan benar

Pada saat memegang bola, jari-jari lah yang menjadi tumpuan bukan telapak tangan sehingga jarak antara bola dan telapak tangan diberi ruang yang cukup (bola diletakkan di atas bantalan jari).

4.      Siku membentuk sudut 90 derajat

Siku harus di bawah bola agar lurus saat didorong ke atas dan searah lurus dengan ring.Beri lemparan yang lembut. Jangan disentak saat mendorong bola pada waktu menembak, mengarah ke atas searah dengan ring yang dituju.

5.      Berikan tenaga yang cukup pada dorongan tangan

Beri perhatian lebih pada kekuatan saat melompat dan mendorong bola ke arah ring. Beri tenaga yang cukup dan sesuai. Melompat ke atas sehingga saat mendarat, Anda kembali di tempat yang sama bukan lompat ke depan.

6.      Kelenturan tangan

Lebih sering melatih pergelangan tangan anda agar menjadi terbiasa, lebih rileks. Pertahankan posisi sampai bola menyentuh target.

7.      Lakukan berulang-ulang dengan benar

Hafalkan dan mengerti gerakan yang benar, sehingga gerakan yang salah tidak terulang. Mengoreksi dan mengerti jarak dan tenaga yang harus dikeluarkan. Begitulah cara Anda akan menghindari dan mengubah kesalahan tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close