Multisport

5 Alat Fitness yang efektif untuk Olahraga di Rumah

Membeli alat fitness merupakan solusi jika malas pergi ke gym, Anda bisa berolahraga di rumah, misalnya dengan sit up atau yoga bermodalkan matras. Untuk memvariasikan gerakan olahraga, tidak ada salahnya untuk sedikit berinvestasi dengan membeli beberapa alat olahraga di rumah yang sederhana yang harganya relatif terjangkau dan tidak memakan banyak tempat.

Sejumlah alat fitness sederhana yang bisa digunakan di rumah ini salah satu investasi yang baik untuk mulai berolahraga tanpa perlu ke luar rumah. Selain kegunaannya yang banyak, alat-alat ini bentuknya ringkas, penyimpanannya mudah, dan bisa Anda bawa ke mana pun.

Berikut adalah rekomendasi alat olahraga di rumah dan cara penggunaannya yang bisa Anda praktikkan dengan mudah.

1.  Kettlebell

Kettlebell adalah alat fitness berbentuk bola beban yang memiliki sebuah pegangan. Biasanya Anda menggunakan kettlebell dengan cara diangkat atau diayunkan. Beban kettlebell mulai 8 kg hingga 20 kg, sehingga Anda lebih baik menggunakan kedua tangan saat menggunakannya.

Sama halnya seperti dumbbell, alat olahraga ini cocok untuk melatih dan menguatkan otot tubuh bagian atas, termasuk otot inti. Meski begitu, Anda juga bisa memodifikasi sesi planksquat, hingga push up dengan menggunakan kettlebell guna membantu menguatkan bagian tubuh bawah, seperti bokong, paha, dan betis.

2.  Dumbel

Dumbeladalah versi mini dari alat angkat beban yang ada di gym. Bobot alat inisendiri bervariasi, mulai dari yang sangat ringan sekitar 0,5 kg hingga berat hingga mencapai 10 kg.

Jika Anda baru mulai melakukan latihan angkat beban, dumbelbisa membantu Anda untuk membentuk otot lengan dan bahu. Selain itu, alat fitness ini juga bisa Anda gunakan sebagai variasi saat melakukan sit upbench press, hingga squat sebagai tantangan dan memaksimalkan sesi olahraga Anda.

3.  Pull bar

Pull bar saat ini sudah tersedia dalam versi portable sehingga Anda bisa melakukan latihan pull up di rumah. Alat olahraga ini bisa dengan mudah dipasang ke dinding atau pintu dengan daya cengkram yang kuat untuk menahan gerakan tubuh Anda saat pull up.

Alat fitness ini umumnya berupa palang tunggal dengan material besi baja yang kuat. Untuk membuat nyaman selama latihan, bagian pegangan biasanya terbuat dari bahan busa atau foam yang lembut dan tidak licin saat Anda genggam.

4.  Ab wheel

Ab wheel memiliki bentuk berupa roda berputar dengan kedua pegangan pada masing-masing sisinya. Peralatan ini biasanya Anda gunakan untuk latihan ab wheel rollout yang bertujuan untuk melatih otot punggung, otot bahu, otot lengan, dan otot inti tubuh.

Cara menggunakan ab wheel adalah dengan menggerakkannya maju-mundur dalam posisi tubuh tengkurap. Posisikan tubuh setengah plank dengan tumpuan pada lutut dan pegang ab wheel dengan kondisi punggung dan lengan lurus. Kemudian dorong dan tarik ab wheel dengan kekuatan otot inti tubuh.

5.  Sepeda statis

alat fitness yang terakhir yaitu sepeda statis, dikutip dari Harvard Health, bersepeda statis selama 30 menit membakar 252 kalori pada orang dengan berat badan 70 kg. Dibandingkan dengan bersepeda di luar ruangan, sepeda statis juga terbilang lebih nyaman dan aman. Anda bisa berolahraga sambil mendengarkan musik atau menonton TV.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close