MultisportSportainment

5 Alasan Raket Tenis Harus Menggunakan Overgrip

Kalau Anda sudah memutuskan untuk mencoba bermain tenis, harus dihargai karena itu langkah yang sangat bagus. Anda berarti sudah tahu juga kalau tenis bisa menambah usia para pemainnya hingga ra-rata 9.7 tahun. Sebuah kabar bagus, bukan?

Hal yang pasti dipikirkan sekarang adalah raket tenis, sebelum Anda memikirkan aksesori lainnya. kalau Anda sudah menemukan raket yang tepat, Anda butuh sebuah overgrip di pegangannya. Anda butuh itu karena alasan-alasan di bawah ini.

1.      Fungsi utamanya untuk membuat raket dalam keadaan baik

Bukan tidak boleh, tapi Anda sebaiknya tidak menggunakan raket sebelum dipasang overgrip. Bukan apa-apa, grip raket jadi tempat yang akan selalu bersentuhan dengan tangan Anda—kadang Anda tidak akan sadar kalau itu juga merusaknya.

Dibanding Anda harus mengeluarkan uang untuk mengganti keseluruhan raket karena grip-nya rusak, lebih baik Anda mengganti overgrip-nya saja. Memang Anda harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli overgrip dan jasa pemasangannya, setidaknya harganya tidak semahal raket tenis.

2.      Mencegah telapak tangan terluka

Overgrip biasanya terbuat dari karet lembut. Pelindung ini buat Anda lebih nyaman saat menggenggam raket dan melakukan kontrol saat memukul bola. Selain itu, Anda juga bisa melindungi tangan Anda dari lecet akibat gesekan dengan grip raket.

Overgrip juga punya masanya dan lama-kelamaan akan menipis. Karena itu, Anda butuh menggantinya dalam kurun waktu tertentu. Semakin rajin Anda bermain tenis, semakin sering juga Anda harus mengganti overgrip.

3.      Membuat raket lebih pas saat digenggam

Akan sangat sulit untuk mencari raket yang punya pegangan yang benar-benar pas buat tangan Anda. Kebanyakan produsen memberikan pegangan yang kecil. Overgrip mau tidak mau Anda butuhkan untuk bikin grip raket Anda nyaman digenggam.

Anda butuh satu atau dua kali lilitan overgrip untuk buat raket tenis Anda nyaman digenggam, bahkan bisa dikatakan sempurna. Overgrip juga punya beberapa pilihan ketebalannya. Bisa juga untuk membantu preferensi Anda dalam mencari kenyamanan genggaman raket.

4.      Mencegah keringat dan slip

Percayalah, belum sampai satu set game tenis, tubuh Anda sudah akan dipenuhi dengan keringat. Gerakan pendek yang cepat memang lebih melelahkan untuk tubuh dan pastinya membakar kalori. Saat  Anda sudah sangat berkeringat, hal yang paling ditakutkan adalah gangguan kecil dari air tubuh Anda tersebut.

Tangan yang basah membuat genggaman tidak lagi sekuat di awal permainan. Raket yang bergeser dari genggaman atau bahkan terlepas akan buat pukulan Anda menjadi ngawur dan tidak terkontrol. Hasilnya, bisa jadi Anda kehilangan poin dan kalah. Overgrip akan menyerap keringat dan membuat tangan Anda tidak licin saat menggenggam raket.

5.      Secara tidak langsung, overgrip menambah mental bertanding

Tenis bisa dibilang olahraga yang butuh kesiapan dari para pemainnya. Anda butuh 100% fokus sebelum masuk ke dalam lapangan. Saat Anda sedang terpuruk di tengah permainan, tidak ada yang bisa membantu selain diri Anda sendiri.

Karena itu, banyak atlet pro yang selalu mengganti overgrip di setiap pertandingan—satu pertandingan satu overgrip. Mereka harus merasa raket yang digunakan benar-benar sempurna. Dengan kata lain, overgrip juga buat mental Anda lebih baik dalam setiap pertandingan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close