MultisportSportainment

5 Alasan Olahraga Skipping Menjadi Salah Satu Olahraga yang Menyenangkan

Lompat tali atau skipping biasanya digunakan untuk melatih sensor motorik anak-anak dengan permainan yang menyenangkan. Namun, ternyata aktivitas yang satu ini dikenal juga dengan istilah jumping rope juga merupakan olahraga yang sangat berguna untuk tubuh Anda.

Banyak hal yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan skipping. Karena ini juga termasuk olahraga, pastinya dari Anda akan dapatkan manfaat untuk otot dan kesehatan Anda. Berikut ini ada beberapa keuntungan dari melakukan olahraga tali skipping yang perlu Anda ketahui.

1.      Membakar kalori lebih banyak

Tidak perlu melakukan skipping terlalu lama, olahraga ini bisa membakar kalori Anda cukup banyak. Anda mungkin berpikir butuh variasi gerakan yang banyak dalam melakukannya. Tidak sama sekali.

Dengan kecepatan normal yang konstan, Anda sudah bisa membakar 10 sampai dengan 16 kalori dalam satu menit. Bayangkan kalau Anda mau melakukannya dalam waktu minimal 10 menit saja. Pastinya keringat yang bercucuran semakin banyak.

2.      Latihan kardio yang sederhana

Lari mungkin bisa juga dibilang latihan kardio yang sederhana. Sayangnya, Anda butuh setidaknya jalanan untuk Anda pakai berlari. Sedangkan, Anda bisa melakukan skipping di dalam ruangan kosong atau bahkan halaman depan rumah Anda.

Melakukan olahraga kardio pun wajib Anda lakukan secara rutin. Olahraga kardio akan membuat jantung Anda bekerja dengan baik untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika semuanya berjalan baik, kerja tubuh juga akan baik dan hal itu bagus untuk kesehatan Anda.

3.      Melatih kecepatan dan kelincahan

Porsi latihan petinju biasanya cukup banyak pada skipping. Hal ini bisa membuat para atlet tinju bisa bergerak terus selama di atas ring. Selain itu, mereka juga bisa dengan mudah melancarkan serangan dan menghindari serangan dari lawan.

Atlet basket juga disarankan untuk melakukan olahraga yang satu ini. Sebagian besar atlet basket perlu melompat di atas lapangan basket untuk memasukkan bola ke dalam ring basket. Selain itu, mereka juga butuh melompat lebih tinggi untuk melakukan rebound.

Melakukan olahraga tali skipping bisa membuat para atlet basket melakukan lompatan lebih cepat. Walaupun mereka gagal dalam lompatan pertama, mereka yang sering melakukan skipping bisa melakukan lompatan lagi dengan lebih mudah. Dengan kata lain, skipping buat kaki-kaki Anda lebih ringan untuk diajak melakukan berbagai hal.

4.      Menghindari resiko cedera

Seringnya Anda melompat, semakin pintar juga tubuh Anda untuk mendarat. Pastinya, Anda akan terhindar dari risiko cedera pada tubuh bagian bawah. Terhindar di sini bukan karena kaki Anda lebih lincah dalam membaca gerakan tubuh dan membuatnya mendarat lebih nyaman, tapi juga karena otot-otot dan tulang yang ada di bagian kaki pun lebih kuat.

5.      Membuat tubuh lebih bersinkronisasi

Inilah alasan terkuat Anda harus melakukan skipping secara rutin. Tidak jarang para atlet olahraga belum bisa mensinkronisasikan otot-otot di tubuhnya. Membaca waktu yang tepat untuk melakukan gerakan selanjutnya juga bisa dilatih dengan melakukan skipping.

Faktanya, melakukan skipping bukan hanya tentang gerakan kaki. Anda mungkin bisa saja melakukan lompatan asal sendiri tanpa bantuan jumping rope. Namun, hasilnya akan sangat berbeda. Gerakan skipping sebenarnya membuat tangan Anda bekerja sama dengan kaki Anda, serta seluruh tubuh.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close