Multisport

5 Alasan Kenapa Harus Memiliki Dumbel di Rumah

Dumbel merupakan alat olahraga yang enak dan mudah digunakan. Bahkan di dalam gym pun, alat beban yang satu ini juga selalu menjadi favorit. Tidak jarang Anda pun harus mengantri untuk menggunakannya. Nah, tidak salah kalau Anda memilikinya sendiri di rumah untuk latihan otot Anda.

Banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan kalau memiliki minimal sepasang dumbbell sendiri. Tidak perlu yang terlalu berat, Anda cukup memilih bobot 3-6 kg saja untuk ditaruh di rumah dan latihan sendiri. Kalau Anda belum yakin, ada beberapa alasan Anda Anda harus punya dumbbell sendiri.

1.  Dumbel cocok untuk pemula

Tidak ada yang bilang Anda belum mahir, tapi dumbel bisa membuat Anda lebih baik dari hari ke hari. Namun, untuk Anda yang memang baru pertama kali berolahraga angkat beban, sebaiknya lupakan barbel atau mesin lainnya. Sepasang dumbel sudah cukup untuk pembentukan otot-otot Anda.

Tidak masalah melakukan hal yang sama dengan jumlah repetisi yang berbeda. Setelah itu, Anda bisa menambah bobot dumbbell sedikit demi sedikit untuk latihan Anda. Nah, selanjutnya Anda bisa melakukan hal lain dengan bobot yang ringan lagi.

2.  Latihan otot yang lebih aman

Kalau Anda belum terbiasa dan langsung mengangkat barbell yang berat, sudah pasti ada bagian tubuh yang kaget. Bisa-bisa, bagian tubuh tersebut malah cedera dan Anda harus berhenti latihan selama beberapa waktu. Menggunakan alat olahraga lainnya pun punya risiko yang kurang lebih sama.

Dumbbell bisa dibilang lebih aman untuk latihan awal. Anda bisa mengukur kekuatan tubuh dan memilih bobot yang seharusnya Anda gunakan. Keamanan adalah hal yang paling penting dan Anda butuhkan mengingat Anda akan menggunakan alat ini di rumah.

3.  Cocok untuk latihan yang lebih umum

Siapa bilang Anda hanya bisa latihan otot tangan saja dengan dumbel? Hanya dengan dumbbell dan gerakan yang tepat, Anda bisa melatih seluruh otot tubuh Anda. Pastinya latihan otot lengan lebih mudah dilakukan dengan alat ini. Selain itu, otot punggung, paha, dan kaki pun bisa Anda latih dengan dumbbell.

4.  Tidak memerlukan tempat yang luas untuk latihan

Bayangkan Anda membeli sebuah treadmill atau elliptical. Dua alat tersebut pastinya membutuhkan ruangan khusus untuk menggunakannya. Tidak hanya itu, sebuah gym ball atau medicine ball juga butuh lemari yang luas untuk menyimpannya.

Kerumitan di atas pasti tidak akan Anda dapatkan jika Anda memilih sepasang dumbbell untuk latihan di rumah. Bentuknya yang kompak memudahkan Anda untuk memakainya, bahkan Anda bisa menggunakannya di ruang tengah sambil menonton TV. Begitu juga saat disimpan. Masukkan saja ke dalam lemari dan Anda tidak akan kehilangan banyak ruang.

5.  Dumbel harganya relatif murah

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli sepasang dumbel. Anda bisa mendapatkanya mulai dari Rp 60 ribuan saja untuk sebuah dumbbell berbahan plastik. Untuk dumbbell berbahan metal, biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp125 ribuan satunya. Nah, kalau Anda mau lebih serius, Anda bisa membeli satu set dumbbell lengkap mulai dari Rp 300 ribuan saja dengan bobot mulai dari 10 kg. Tidak mahal bukan?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close