MultisportSportainment

5 Aksesoris Sepeda yang Wajib Dibeli untuk Pemula

Sepeda saat keluar toko biasanya masih standar tidak ada options tambahan aksesoris, biasanya pihak toko menawarkan berbagai aksesoris sepeda kepada para pembelinya.

Aksesoris sepeda ini semuanya memiliki fungsi masing-masing seperti keamanan, kenyamanan, keamanan, kepraktisan dan tidak lupa menambah kegantengan atau kecantikan pemiliknya.

Penasaran apa saja aksesoris sepeda apa saja yang wajib dimiliki? Berikut pembahasan lengkapnya.

1.      Helm sepeda

Helm sepeda ini menjadi aksesoris wajib dibeli yang pertama saat memiliki sepeda. Kenapa wajib? Karena kepala adalah aset yang paling berharga perlu dijaga. 

Anda semua tidak tahu nanti dijalan akan bagaimana, walaupun sepeda kecepatannya tidak sekencang kendaraan bermotor tetapi kita semua perlu waspada. Untuk itu dengan menggunakan helm sepeda bisa mengantisipasi cedera yang diakibatkan kepala terbentur.

2.      Jersey sepeda

Aksesoris sepeda road bike atau balap kedua wajib dibeli adalah jersey sepeda. Tahukah Anda bahwa saat bersepeda, kita semua memproduksi keringat yang berlebih, jersey sepeda memiliki fungsi untuk membuang keringat dengan cepat dengan pori-pori jersey yang lebar. 

Bahayanya ketika bersepeda menggunakan pakaian biasa adalah keringat akan tertahan sehingga proses penguapan keringat terganggu. Hal ini akan memicu suhu badan menjadi memanas yang bisa mengakibatkan kram, dehidrasi dan yang paling parah heat stroke.

3.      Celana padding

Celana padding memiliki fungsi agar saat bersepeda menjadi lebih nyaman dan menghindarkan gesekan pada daerah vital.

Untuk memilih celana padding usahakan yang memiliki bantalan berbahan empuk seperti menggunakan padding busa, gel atau bahan empuk lainnya.

Tidak disarankan gowes menggunakan celana jeans karena panas dan tidak bisa mengeluarkan keringat sehingga berbahaya untuk kesehatan.

4.      Lampu sepeda

Untuk Anda yang suka keluar gowes pagi-pagi atau malam hari, disarankan untuk memasang lampu depan dan tail lights untuk memberi tanda pada kendaraan lain.

Dengan memasang lampu ini sobat bisa lebih aman terhindar dari ditabrak kendaraan lain baik dari depan atau belakang.

Untuk harga lampu sepeda sekarang ini terbilang murah, jadi Anda perlu memasukkan lampu dalam list wajib.

5.      Sarung tangan

Pernahkan saat bersepeda tangan berwarna merah dan terasa nyeri? Jika pernah berarti sobat membutuhkan sarung tangan sepeda.

Sarung tangan sepeda membatu meredam getaran dari sepeda menuju tangan, selain itu sarung tangan sepeda bisa menghindarkan cedera saat terjadi kecelakaan.

Ada dua jenis sarung tangan sepeda yaitu half finger dan full finger. Untuk Anda yang bersepeda di jalanan biasanya Anda cukup menggunakan half finger tetapi untuk sepeda downhill dan melewati medan yang berbahaya disarankan menggunakan sarung tangan full finger.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close