MultisportSportainment

5 Aksesoris Renang yang Membantu Menguasai Teknik Dasar Renang Dengan Cepat

Berenang telah menjadi salah satu jenis olahraga favorit di banyak kalangan. Tidak berkeringat, tidak terasa begitu letih, membakar banyak kalori, dan tentu bisa sekaligus menjadi sebuah rekreasi.

Tetapi, Anda tidak akan bisa membakar kalori jika di dalam sebuah kolam renang hanya diam saja di dalam kolam renang. Jika Anda sedang mempelajarinya dan ingin cepat menguasai teknik dasar renang, Anda bisa lengkapi 5 aksesoris renang berikut ini untuk menguasai teknik dasar renang dengan cepat.

1.      Kacamata renang

Selain baju renang, alat satu ini sudah jelas wajib untuk dimiliki. Tanpa kacamata renang, Anda tidak akan bebas mempelajari berbagai teknik dasar renang.  Swimming goggles berfungsi sebagai pelindung mata saat berenang dan Anda akan lebih nyaman melihat ke segala arah saat berada di dalam air.

Kandungan kaporit yang ada di dalam air kolam renang dapat menyebabkan iritasi. Dengan kacamata renang, mata Anda akan terlindung dari kontak secara langsung dengan air.

2.      Pull buoy

Pull buoy adalah peralatan dasar berenang yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan tangan perenang. Pelampung apit ini diletakan di antara paha untuk membuat pinggul dan kaki mengapung di permukaan air. Dinamakan “pelampung penarik” karena saat berenang dengan pelampung ini, hanya lengan yang bergerak maju.

3.      Kickboard

Kickboard adalah investasi paling murah yang dapat meningkatkan rutinitas renang Anda dan bisa membuat kaki lebih proporsional. Terbuat dari busa, papan pelampung ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Sudah banyak kickboard khusus untuk orang dewasa yang juga bisa berfungsi menjadi pull buoy sekaligusPeralatan renang itu disebut dengan pullkick (pull buoy dan kickboard)

4.      Swimming fins

Swimming fins atau terkenal dengan sebutan kaki katak dirancang untuk membantu perenang mengembangkan tendangan yang lebih kuat, meningkatkan tempo tendangan, dan meningkatkan fleksibilitas pergelangan kaki. Kaki katak juga membantu perenang bergerak lebih cepat dan membuat alat ini menjadi peralatan berenang yang paling menyenangkan.

Anda akan menjadi perenang yang lebih baik dengan menggunakan alat ini. Yang penting, pilih jenis fins khusus untuk berenang. Jika Anda salah memilih, fins snorkeling atau diving akan terlalu heboh dipakai di kolam renang. Swimming fins dapat membantu Anda melancarkan gaya bebas dan membuat badan jadi lebih ringan di dalam air.

5.      Swimming hand paddles

Sama seperti kaki katak, hanya saja hand paddles dipakai di telapak tangan. Alat ini dipakai untuk melatih otot tangan, lengan, dan pundak ketika perenang melakukan gaya bebas. Hand paddles biasa digunakan para perenang menengah yang sudah menguasai gaya bebas dengan sempurna.

Perenang pemula bisa mencobanya dengan bantuan swimming fins agar gerakan Anda lebih ringan. Karena membentuk otot lengan, gerakan Anda akan jauh lebih berat ketika menggunakan hand paddles di dalam air. Rasanya sama seperti menggunakan barbel di tempat gym.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close