MultisportSportainment

5 Aksesoris Penting untuk Pemain Tenis Pemula

Tenis memang bukan olahraga favorit di Indonesia, tapi bukan berarti Anda jadi tidak mau memainkannya. Selain banyak manfaatnya, tenis juga jadi olahraga yang disarankan oleh beberapa pakar kesehatan. Gerakan yang ada di dalam olahraga tenis bisa membuat Anda lebih sehat dan hidup lebih panjang.

Berbeda dengan sepak bola, bola basket, dan bola voli yang sangat mengandalkan kerja sama dengan tim, olahraga tenis buat Anda harus lebih percaya dengan kemampuan yang Anda miliki. Kemenangan di atas lapangan baru bisa diraih dengan kerja keras Anda sendiri.

Mungkin Anda juga sudah tertarik untuk menekuni olahraga yang satu ini. Karena itu, Anda butuh aksesoris tenis untuk beraksi di atas lapangan. Jadi, lengkapi diri Anda dengan aksesoris tenis di bawah ini!

1.      Sepatu tenis sesuai tipe lapangan

Bukan raket yang pertama kali Anda cari untuk bermain olahraga tenis, tapi sepatu dan Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih gear yang satu ini. Memilih sepatu tenis cukup tricky dalam olahraga tenis. Ini bukan hanya sekedar tentang bentuk kaki Anda.

Pertama, Anda harus tahu dulu jenis lapangan tempat Anda bermain. Di dalam olahraga tenis, ada beberapa tipe lapangan, mulai dari hard courtclay court, dan grass court. Walaupun sekarang beberapa brand olahraga besar sudah mengeluarkan sepatu untuk semua jenis lapangan, ada baiknya Anda menggunakan sepatu sesuai dengan tipe lapangan tenisnya.

2.      Raket dengan spesifikasi yang dibutuhkan

Sekarang brandbrand olahraga besar juga sudah merambah ke olahraga tenis. Sebut saja sejumlah nama lama, seperti Babolat, Wilson, Lacoste, dan FILA yang sudah cukup lama. Sekarang semakin banyak lagi dengan kehadiran Under Armour, Asics, Nike, Adidas. Jadi, Anda akan semakin mudah mencari aksesorisnya. Raket jadi aksesoris wajib setelah sepatu untuk Anda bermain tenis.

Anda bisa pilih raket dengan ukuran tertentu tergantung dari permainan Anda. Apa Anda tipe pemain yang mau mengontrol pertandingan atau mencari kekuatan pukulan. Setelah memilih raket, ada baiknya Anda juga memperhatikan pemilihan senarnya. Itu juga penting buat Anda mengontrol arah bola.

3.      Tas olahraga untuk membawa perlengkapan

Pastinya berbeda dengan tas gym atau tas yang Anda bawa saat bermain basket. Tas olahraga untuk tenis bisa dibilang lebih besar karena Anda harus membawa raket tenis juga di dalamnya. Beberapa atlet profesional malah sering membawa raket lebih dari satu berbeda setelan untuk mengganti strategi di tengah permainan.

Pada umumnya, tas olahraga tenis punya kompartemen untuk menyimpan raket—biasanya ada di dua sisi. Biarpun cukup besar, tas olahraga tenis biasanya bisa meminimalisir bobot bawaan.

4.      Handuk untuk mengelap keringat

Tenis buat Anda berkeringat sangat banyak, bahkan cukup banyak untuk mengganggu Anda di atas lapangan. Karena itu, banyak atlet tenis biasanya menggunakan headband untuk menangkal keringat di kepala turun ke bagian mata dan wristband untuk menyeka keringat saat permainan.

Akan tetapi, dua benda itu tidak akan cukup saat Anda sudah melewati permainan yang panjang. Anda butuh sebuah handuk besar untuk menyeka keringat sebelum kembali ke dalam lapangan.

5.      Bola dalam jumlah banyak

Bola tenis tidak cukup mahal, jadi Anda harus beli bola dalam jumlah yang banyak di awal permainan Anda dengan raket. Sebelum Anda mampu mengontrol arah pukulan, bola yang datang dari Anda bisa dibilang akan ke segala penjuru—termasuk melambung tinggi.

Bukan tidak mungkin Anda akan menghilangkan satu atau dua bola. Usahakan, Anda selalu punya cadangan bola untuk terus bisa main tenis.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close