MultisportSportainment

4 Tips Memilih Sepatu Futsal Menurut Posisinya dalam Permainan Futsal

Sepatu dalam bermain futsal menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Sepatu futsal yang cocok akan membantu kamu bermain dengan baik. Maka dari itu tips memilih sepatu futsal sesuai dengan posisinya juga harus dilakukan dengan baik.

Pemilihan sepatu futsal ini tidak bisa sembarangan, karena tidak semua sepatu akan cocok di kaki Anda. Kamu juga harus paham dengan sepatu jenis apa yang cocok dengan kaki dan posisi Anda dalam bermain futsal.

Agar tidak salah dalam memilih, berikut ada beberapa tips memilih sepatu menurut posisinya dalam permainan futsal.

1.      Sepatu untuk kiper

Sepatu untuk kiper ini membutuhkan jenis sepatu yang bagian belakang atau bagian tumitnya tidak keras hal ini dibutuhkan karena saat kiper melakukan split bagian tumitnya berhadapan dengan lantai. Yang selanjutnya adalah bagian dalam depan sepatu yang tebal sehingga saat bertabrakan bagian depan sepatu bisa awet atau tidak mudah rusak dan kaki terhindar dari cidera.  Contoh sepatu yang cocok untuk kiper antara lain: Ortuseight Jogosala Volta, Specs Metasala Rival, Puma One.

2.      Sepatu untuk anchor

Untuk posisi anchor, carilah sepatu yang outsolenya tinggi, yaitu sepatu yang mempunyai midsole tinggi sehingga rubber (bagian bawah) tidak langsung berhubungan dengan upper (bagian atas). Selanjutnya pilihlah sepatu yang elastis agar saat defend bisa lebih cepat gerakan kakinya sehingga cepat merebut bola. Yang ketiga adalah enak buat passing yaitu sepatu yang bagian dalam kaki nya lebar. Contoh sepatu yang cocok untuk anchor antara lain adalah: Specs Galactica, Ortuseight Invicta, Nike Tiempo.

3.      Sepatu untuk flank

Flank adalah posisi yang bermain di pinggir lapangan, dan seorang flank harus mempunyai daya gocek yang lincah sehingga sepatu yang cocok untuk posisi ini harus mempunyai outsole yang tipis sehingga saat menggocek dan lari terasa ringan. Yang kedua uppernya yang kuat karena untuk shooting setelah menggocek lawan. Contoh sepatu yang cocok untuk posisi flank ini antara lain adalah: Specs Illuzion, Specs Accelerator Lightspeed, Ortuseight Catalyst. 

4.      Sepatu untuk pivot

Sepatu yang cocok untuk pivot adalah sepatu yang bagian outsolenya kuat sehingga saat mengontrol, bola akan melekat dengan sepatu. Yang kedua adalah sepatu yang pas atau melekat dengan tumit sehingga tidak mudah lepas saat mengontrol bola. Yang ketiga adalah sol yang tinggi sehingga nyaman saat dipakai. Contoh sepatu yang cocok antara lain untuk pivot adalah:  Specs Swervo, Specs Metasala, Ortuseight Jogosala, Nike Tiempo.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close