Sportainment

4 Tips Memilih Bola Gym yang Tepat untuk Pemula

Gym ball atau bola gym adalah salah satu alat olahraga yang bisa digunakan di rumah ataupun studio gymGym ball bisa juga digunakan sebagai pengganti kursi, karena efektif dalam memperbaiki postur tulang belakang. Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan gym ball di berbagai toko olahraga atau toko online. Nah, agar bisa lebih mempermudah Anda dalam memilih gym ball yang tepat, berikut ini kami berikan 4 point penting dalam memilih produk gym ball terbaik.

Apakah Anda pernah kebingungan dalam memilih gym ball mana yang cocok atau yang lebih kuat lama untuk digunakan? Nah, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih gym ball.

1. Sesuaikan pilihan gym ball dengan tinggi badan

Pada umumnya, bola gym terbagi menjadi 4 ukuran. Namun, tidak semua ukuran tersebut bisa pas untuk setiap individu. Oleh karenanya, memilih gym ball yang sesuai dengan tinggi badan Anda sangatlah penting. Berikut ini adalah gambar panduan dalam memilih ukuran size ball yang bisa Anda pilih, lalu tentukanlah ukuran gym ball dengan tinggi tubuh Anda.

2. Pastikan batas beban maksimum pada bola gym

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa gym ball adalah salah satu alat olahraga yang digunakan dengan posisi duduk, atau dengan menyangga tubuh dalam melakukan peregangan. Oleh karena itu, kapasitas beban yang bisa ditahan oleh gym ball harus benar-benar diperhatikan. Gym ball dengan kapasitas beban seberat 200-300 kg tergolong aman untuk digunakan oleh berbagai macam bentuk olahraga.

Sebaliknya, produk dengan kapasitas beban seberat 80-90 kg hanya bisa digunakan untuk peregangan ringan karena tidak mampu menyangga seluruh tubuh. Oleh karena itu, Anda harus lebih memperhatikan betul tentang produk gym ball yang akan Anda pilih. Anda tidak mau kan mengalami cedera saat menggunakan gym ball hanya karena salah memilih gym ball? Oleh karena itu, periksalah produk gym ball pilihan Anda secara teliti.

3. Pilih bola gym yang tidak mudah pecah

Ketika digunakan, ada kemungkinan gym ball mengalami goresan atau berlubang kecil. Sehingga, udara akan keluar dan tekanan angin pun akan berkurang atau kempis. Bola Gym dengan teknologi non-burst didesain khusus demi meminimalisir udara yang keluar, sehingga Anda tidak perlu khawatir gym ball akan menjadi pecah atau kempes walaupun terdapat goresan atau lubang kecil pada gym ball.

Namun, gym ball yang dilengkapi dengan teknologi ini tentu memiliki harga yang cenderung lebih mahal, sesuai dengan fitur keamanannya yang dirancang dengan sangat baik. Pada umumnya, gym ball ini sering digunakan di studio gym atau tempat olahraga lain. Sebaliknya, gym ball dengan tipe burst akan lebih mudah pecah atau kempis jika ada goresan atau sedikit lubang. Umumnya, produk ini dijual dengan harga yang tergolong lebih murah.

4. Pastikan bola gym dilengkapi pompa udara

Poin penting terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memastikan bahwa produk gym ball yang akan Anda pilih sudah dilengkapi dengan pompa udara. Kenapa? karena tidak semua produk gym ball sudah dilengkapi dengan pompa udara. Jadi, pastikan poin ini sudah Anda lengkapi sehingga Anda tidak kesulitan saat ingin menggunakan gym ball baru.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close