Sportainment

4 Tips Memilih Alat Pancing untuk Pemula

Memilih perlengkapan atau alat pancing tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Diperlukan pengetahuan khusus untuk memilihnya, terutama bagi yang baru ingin belajar memancing.

Memancing telah menjadi kegiatan pilihan untuk mengisi waktu senggang. Bahkan, tak sedikit orang yang menjadikan memancing sebagai ajang untuk liburan bersama rekan-rekan atau keluarga.

Nah, bagi yang sudah menjadikan memancing sebagai hobi, keinginan untuk membeli alat-alat pancing jelas akan muncul. Namun, untuk pemula, ada baiknya menyimak beberapa informasi berikut sebelum memutuskan untuk membeli alat pancing.

Joran

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli joran. Anda harus menentukan terlebih dahulu soal lokasi mancing dan memprediksi ikan-ikan apa saja yang akan menyambar umpan Anda.

Itu karena joran memiliki jenis dan karakteristik berbeda untuk masing-masing ikan yang dijadikan target. Contohnya, joran panjang akan memudahkan pemancing untuk membuat lemparan yang jauh. Sebaliknya dengan joran pendek. Tapi, joran pendek menjadi alat yang disarankan jika Anda berburu ikan berukuran besar.

Lalu, jangan memilih joran dengan bobot yang berat. Pilihlah yang berbahan karbon. Ini untuk target ikan dengan bobot 1-5 kg. Selain itu, panjang joran juga berpengaruh. Ada dua jenis soal panjang joran, yakni joran tanpa ekstensi dan joran dengan ekstensi.

Reel

Ini adalah alat pada joran yang digunakan untuk menarik atau mengulur benang pancing. Memilihnya harus memperhatikan hal-hal seperti berat, gear ratio, dan sistem drag. Untuk reel berbahan kuat dan ringan, biaya yang harus dikeluarkan memang cukup besar.

Sistem drag juga menjadi fokus utama dalam pemilihan ini. Anda harus memastikan bahwa reel tidak akan macet saat mengangkat ikan. Begitu juga dengan gear ratio yang akan berguna saat Anda sedang beradu kekuatan dengan ikan.

Reel Spinning

Ini adalah salah satu alat pancing yang cocok untuk para pemula. Itu karena pemakaiannya jauh lebih sederhana. Anda tinggal membuka bail airm, pegang benar senar, lalu lempar umpan dan ulur dari jari telunjuk.

Jika umpan disambar ikan, Anda tinggal memainkan kontrol di reel bait casting dengan ibu jari. Ini akan memudahkan Anda untuk mengangkat ikan tersebut.

Reel Konvensional

Reel konvensional juga kerap menjadi rekomendasi untuk para pemula. Namun, Anda harus memahami sistem lempar benang senar pancingnya sedikit lebih sulit ketimbang reel spinning.

Jika tidak jeli, dikhawatirkan akan terjadi blacklast, kondisi di mana senar pancing memutar tidak sempurna di reel saat melempar umpan. Akibatnya bisa kusut di spool reel tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close