MultisportSportainment

4 Tips Membersihkan Sepatu Tenis Kesayangan

Sebagai pemain tenis, Anda tentu tahu sepatu tenis bukan barang murah. Sebaiknya, Anda rawat sepatu tenis Anda supaya awet dan tidak harus cepat diganti. Salah satunya dengan rajin membersihkan sepatu Anda. Tenang saja, bukan hal sulit untuk membersihkan sepatu tenis. Cukup ikuti lima langkah berikut supaya sepatu olahraga kesayangan Anda terlihat seperti baru lagi.

1.      Copot seluruh bagian sepatu

Tahukah Anda bahwa hampir semua sepatu tenis bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci? Jadi Anda tidak perlu repot mencucinya secara manual. Serahkan pada mesin untuk membuat sepatu Anda bersih dan wangi. Namun, jangan terburu-buru memasukkan sepatu ke dalam mesin cuci. Anda harus ingat untuk melepaskan tali sepatu dan sol lapisan dalam sepatu. Bila ada bagian sepatu lain yang removable alias bisa dilepas, copot saja.

Kemudian, tali sepatu dimasukkan ke dalam kantong kecil khusus laundry atau sarung bantal. Sementara untuk membersihkan sol dalam, Anda cukup merendamnya ke dalam campuran air hangat dan soda kue. Selanjutnya, keringkan sambil menunggu sepatu dicuci di mesin.

2.      Cuci sepatu dengan hati-hati

Sepatu olahraga ini bisa dicuci di mesin cuci untuk pakaian. Kecuali, ada peringatan dari pabrikan sepatu yang mengatakan sepatu butuh perawatan khusus. Pertama-tama rendam sepatu dalam air dingin agar kotoran yang menempel bisa lepas. Ini tidak butuh waktu lama, hanya sekitar 15 menit.

Selanjutnya, masukkan sepatu dalam kantong laundry. Gunakan air hangat dan deterjen dengan konsentrat yang kuat. Kalau bisa, cuci sepatu dengan beberapa handuk tebal sehingga mesin tidak berisik saat mencuci sepatu.

3.      Keringkan sepatu dengan bantuan angin

Anda bisa membersihkan sepatu olahraga ini dengan mesin cuci. Namun, jangan sekali-kali mengeringkan sepatu dalam mesin pengering. Suhu panas dari mesin pengering bisa merusak bentuk sepatu Anda. Otomatis, sepatu tidak lagi bisa digunakan secara maksimal untuk bermain tenis.

Bungkus sepatu Anda dengan handuk berwarna putih atau kertas polos putih. Hindari membungkus sepatu dengan kertas koran karena tinta dari kertas bisa menempel di sepatu. Sebaiknya, Anda tidak menjemur sepatu tenis langsung di bawah sinar matahari. Anda bisa gunakan kipas angin agar sepatu kesayangan Anda cepat kering.

4.      Semir sepatu agar terlihat mengkilat

Tunggu sampai sepatu tenis benar-benar kering sebelum disemir. Pilih semir berwarna putih, hitam, atau warna lain. Ingat, hanya semir bagian sepatu yang terbuat dari bahan kulit. Dalam keadaan darurat, Anda juga bisa menggunakan spidol sebagai semir.

Untuk sepatu tenis yang terbuat dari kulit asli, gunakan kondisioner kulit untuk membantu kualitas kulit terjaga dan sepatu terhindar dari permukaan yang retak. Sementara untuk sepatu tenis dari bahan kanvas, Anda bisa semprotkan pelindung kain untuk menyingkirkan noda dari sepatu.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close