Multisport

Begini Cara Agar Tenda Tidak kemasukan Ular Saat Camping

Mendirikan tenda saat camping perlu melihat areanya karena ular menjadi salah satu hewan buas yang bisa ditemui di alam bebas. Buat para pendaki, mungkin hewan melata satu ini udah sering banget ditemui saat melewati rute pendakian gunung. Tapi saat bertemu ular, Anda sebaiknya tetap tenang, karena sebenarnya ular tidak akan menyerang kalau tidak diganggu.

Selain di rute pendakian, ular juga bisa ditemui di camping ground. Hal ini tentu bakal menyulitkan, karena ular bisa aja masuk ke dalam area camping saat Anda tertidur. Apalagi kadang Anda tidak akan tahu kalau ternyata ular sudah masuk ke dalam area camping, jadi bisa saja ular tersebut secara tidak sengaja tersentuh atau bahkan tertindih oleh Anda.

Nah, agar area camping Anda tidak kemasukan ular, berikut ini ada beberapa cara atau tips yang bisa Anda dilakukan.

1.      Jangan mendirikan tenda di habitat ular

Alam bebas sendiri merupakan habitat asli dari ular. Namun, sebagian besar ular hidup dan tinggal di tanah, dan ada juga yang tinggal di atas pohon atau tanaman.

Meski begitu, sebagian besar spesies ular di tanah juga bisa memanjat pohon. Nah, ular biasanya suka menempati pohon-pohon yang udah tumbang atau lapuk. Jadi, kalau Anda mau mendirikan tenda, sebaiknya jangan di tempat-tempat ini.

2.      Periksa area camping sebelum mendirikan tenda

Sebelum mendirikan tenda, cobalah cek lokasi sekitar dan pastikan di area tersebut tidak ada ular yang lagi bersantai-santai di tanah. Kalaupun sudah dipasang, Anda juga harus memeriksa bagian dalamnya, apakah ada ‘penyusup’ yang masuk ke dalam.

Sebelum Anda meninggalkan area camping, pastikan juga untuk tenda tertutup dengan benar supaya ular tidak nyasar masuk ke dalam.

3.      Amankan makanan

Saat di camping ground, jagalah bahan makanan dalam keadaan tertutup rapat dalam sebuah wadah. Kalau ada sisa-sisa makanan, jangan dibuang di sekitar area camping karena baunya bisa mengundang hewan liar buat datang ke area tersebut.

4.      Berikan bahan kimia di sekitar area camping

Kabarnya, ular tidak suka dengan bau bahan kimia tertentu, dan Anda bisa memanfaatkan hal ini supaya ular tidak masuk ke area camping Anda. Ular biasanya bakal menghindari bau minyak tanah, bensin, parfum, obat pembasmi serangga, dan lain-lain.

Ular tidak suka bau-bau tersebut karena bisa mengganggu indra penciumannya sehingga ular bakal menghindari area yang berbau kimia. Selain itu, cara lain yang sering dilakukan adalah dengan menabur garam di sekeliling area camping

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close