Bola

4 Teknik Shooting, Menendang Bola dengan Keras

Dalam pertandingan futsal penting sekali bagi seorang pemain untuk menguasai teknik dasar shooting terutama yang berada pada posisi depan saat mendapat kesempatan untuk melakukan tendangan secara langsung.

Shootingadalah salah satu teknik dasar bermain dalam futsal di mana seorang pemain melakukan tembakan atau menendang bola dengan keras ke arah gawang lawan untuk mencetak sebuah gol. 

Teknik shooting yang baik harus memperhatikan perpaduan antara kekuatan dan akurasi tendangan. Cara agar mampu melakukan tendangan keras dan akurat saat shooting dalam futsal yaitu dengan sering melakukan latihan memperkuat kaki untuk menendang bola supaya terarah dan tepat sasaran.

Teknik shooting ini sebenarnya mirip seperti saat Anda melakukan passing. Bedanya adalah shooting membutuhkan tenaga yang lebih besar sehingga menghasilkan laju bola yang cepat. Teknik shooting futsal sendiri terbagi lagi dalam beberapa jenis seperti di bawah ini:

1.      Shooting dengan ujung kaki

Teknik shooting dalam futsal yang paling sering digunakan adalah menendang dengan ujung sepatu futsal. Teknik ini biasanya digunakan ketika berada dalam posisi yang tidak menguntungkan. Tendangan yang dihasilkan akan sangat keras dan tepat sasaran.

Cara melakukannya adalah dengan menempatkan badan tepat di depan bola. Posisikan kaki tumpuan di belakang dengan jari menghadap ke gawang dan kaki satunya diayunkan ke belakang bersiap untuk menendang. Tendang bola tepat di bagian tengah dengan menggunakan ujung kaki sekeras mungkin. Biarkan kaki terus mengayun ke depan.

2.      Menendang dengan punggung kaki

Teknik yang satu ini hampir mirip dengan teknik shooting pertama, hanya saja diperlukan latihan yang lebih agar tendangan lebih keras. Pertama, berdiri di depan bola dan posisikan kaki tumpuan di samping bola dengan jari menghadap ke arah gawang. Kemudian ayunkan kaki lainnya ke belakang dan tendang bola dengan menggunakan punggung kaki sekuat mungkin.

3.      Menendang dengan kaki bagian luar

Teknik dengan kaki bagian luar dilakukan saat akan melakukan shooting langsung di depan gawang. Posisikan badan di samping bola dengan jari kaki menghadap ke gawang. Ayunkan kaki lainnya dan tendang bola dengan menggunakan sepatu futsal bagian luar. Teknik ini akan membantu membuat kiper jadi kebingungan.

4.      Menendang dengan kaki bagian dalam

Tendangan dengan kaki bagian dalam biasanya digunakan untuk melakukan tendangan jarak jauh. Cara melakukannya adalah dengan menempatkan bola di depan badan. Posisikan kaki tumpuan di samping badan dan ayunkan kaki lain ke belakang, kemudian tendang bola dengan kuat dengan kaki bagian dalam. Condongkan badan agak sedikit ke depan untuk menyeimbangakan badan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close