MultisportSportainment

4 Peralatan Wajib untuk Pemancing Pemula

Memancing adalah salah satu hobi tertua yang dilakukan oleh manusia. Dahulu memancing adalah kegiatan untuk bertahan hidup karena ikan yang mereka dapatkan bisa dimakan. Tetapi sekarang kegiatan memancing dilakukan hanya sebagai hobi aja (meski masih banyak juga yang untuk lauk pauk makanan) dan banyak diperlombakan.

Bahkan hobi ini semakin digemari oleh para pria, hobi memancing ini dapat menimbulkan adiksi, rasa bahagia, hingga memberikan pengalaman baru yang seru.

Buat Anda yang baru memulai atau tergerak menggeluti hobi memancing, berikut ini beberapa alat pancing yang harus dimiliki.

1.      Joran pancing

Mungkin sebelum benar-benar hobi, sebagian orang pernah memancing dengan joran dari bambu. Itu merupakan alat pancing yang paling sederhana. Joran dari bambu ini bisa dibuat sendiri, tetapi kalau tidak bisa membuatnya, joran bambu banyak dijual di pasaran.

Meski sederhana, joran bambu memiliki keterbatasan dari sisi kelenturan dan beban yang bisa ditahannya. Joran yang lebih modern terbuat dari berbagai macam bahan, seperti fiberglass, karbon, grafit, boron atau keviar. Tentu joran modern akan lebih memiliki kekuatan mumpuni.

Untuk pemula, pilihlah joran dengan panjang antara 120-180 cm. Joran ini cukup memadai untuk kegiatan memancing sederhana dengan ikan incaran yang terlalu besar.

2.      Tali dan penggulung tali

Tali pancing atau kenur yang umum dan layak digunakan biasanya yang berukuran 8-20 lbs (3,6-4,5 kilogram) dengan bahan terbuat dari nilon. Tali pancing jenis ini bisa meregang hingga 30 persennya.

Kemudian, jangan lupakan penggulung tali. Penggulung yang baik bisa menggulung tali hingga panjang 200-400 meter. Untuk pemula, penggulung tali yang bisa menahan beban antara 2-8 kg sudah cukup baik.

3.      Pemberat dan pelampung

Timah atau pemberat ini berfungsi untuk membuat umpan tenggelam dalam air. Pilihlah pemberat dengan bentuk lonjong atau seperti peluru karena pemberat yang berbentuk bulat bisa membuat tali pancing melintir.

Selain itu, juga memerlukan pelampung. Alat ini berfungsi menjaga agar seluruh bagian tali pancing tidak masuk ke air. Pelampung juga menjadi indikator apakah umpan dimakan ikan atau tidak. Benda ini terbuat dari kayu, busa, gabus, fiberglass, atau plastik.

4.      Umpan pancing

Dulu, kebanyakan orang mungkin hanya mengenal cacing sebagai umpan memancing. Tapi sebenarnya, umpan pancing bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari serangga seperti belalang atau jangkrik, udang, sampai ikan kecil.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close