MultisportSportainment

4 Jenis Tenda yang Baik untuk Camping

Hobi dengan yang namanya camping? Pastinya perlengkapan yang wajib dibawa adalah tenda. Meskipun Anda berada di alam liar yang terbuka, ada baiknya jika Anda tetap waspada. Mengingat berbagai hal dapat terjadi saat melepas lelah saat camping, lebih baik tidur di dalam tenda.

Namun, Anda tidak boleh asal dalam memilih tenda camping. Anda juga harus memilih perlengkapan camping yang satu ini dengan baik, maka simak dulu yang di bawah ini.

1.      Model Ridge

Model Ridge umumnya dipakai oleh anak-anak pramuka ketika camping. Model ini mirip seperti rumah dengan atap berbentuk segitiga. Model Ridge ini memiliki pilihan mulai dari yang berkapasitas kecil sampai dengan berkapasitas besar. Untuk pemasangan model Ridge, Anda harus menggunakan tali serta tiang agar dapat berdiri dengan kokoh. Model Ridge juga terbilang aman dan baik buat camping, karena benar-benar tertutup akses dari luar. Sehingga jika sewaktu-waktu ada gangguan datang seperti binatang buas, model Ridge terbilang aman untuk berlindung dan bersembunyi.

2.      Model Tunel

Model Tunnel memiliki bentuk yang unik. Model ini memang terkesan terbuka, namun baik buat camping. Sifat dari model Tunnel ini adalah nonfree standing dan cirinya adalah pada bagian tengah yang memiliki ukuran frame lebih tinggi daripada bagian tepi. Untuk pemasangannya, model tunnel perlu lebih dari tiga buah frame yang mudah dilengkungkan

3.      Model Dome

Model Dome pasti sangat familiar untuk kamu Anda. Memang benar bahwa model Dome ini sangat baik buat camping. Bahkan camping di pegunungan dan mendirikan model Dome sangatlah nyaman dan hangat. Meskipun terbilang berat untuk membawanya, namun Anda akan nyaman dan tidur lelap ketika camping menggunakan model Dome ini.

Perlu Anda ketahui bahwa model Dome memiliki berat minimal satu kilogram dan berat maksimal hingga enam kilogram. Untuk pemasangannya pun tidak membuat Anda kerepotan. Frame untuk model Dome sudah dibuat seringkas mungkin. Sehingga ketika pemasangan maupun pembongkaran tidak akan menyulitkan.

4.      Model Geodesic Dome

Model Geodesic Dome ini termasuk tenda yang baik buat Anda camping. Benar-benar tertutup dan memiliki model seperti model dome. Hanya saja pada bagian muka tenda dibuat tertutup ketika Anda hendak tidur. Untuk pemasangannya perlu empat buah rangka dan biasanya para pendaki di gunung tertinggi akan memilih untuk membawa model ini. Perlu Anda ketahui juga bahwa model Geodesic Dome ini memiliki berat minimal tiga kilogram dan berat maksimal delapan kilogram.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close