MultisportSportainment

4 Jenis Survival Kit yang Harus Diketahui Oleh Pemula

Ketika Anda sedang asyik minum kopi di depan laptop, tiba-tiba sirine berbunyi. Lampu mati. Naluri Anda mengatakan bencana akan datang atau bahkan sudah terjadi. Anda sadar harus bergegas pergi dari tempat bencana. Namun, Anda tidak terlalu khawatir karena sudah mempersiapkan survival kit sebaik-baiknya.

Situasi darurat semacam itu bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Skenarionya bisa bermacam-macam. Jika Anda menjadi seorang survivalist atau preppers, Anda pasti sudah memikirkan skenario yang mungkin terjadi di lingkungan sekitar Anda, dari bencana alam hingga kerusuhan sosial.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa pilihan survival kit ternyata bisa disesuaikan dengan skenario tertentu? Berikut ini akan dijelaskan empat ragam peralatan survival yang bisa dipilih sesuai dengan skenario yang Anda pikirkan.

1.      Mini survival kit yang mudah dibawa

Survival kit ini berisi peralatan yang dibutuhkan untuk menyintas di luar ruangan. Penyusunannya pun berdasarkan prinsip “mudah dibawa kemanapun sepanjang waktu”. Namun, penggunaan survival kit ini membutuhkan kecakapan dan keahlian yang tinggi. Anda dituntut untuk mahir berimprovisasi di tempat dengan peralatan seadanya.

Survival kit bisa diisi dengan peralatan dasar, seperti benang pancing dan kail, silet, cermin kecil, pemantik gas, peluit, karet gelang, dan pisau Swiss. Perlu diingat, tak ada mini survival kit yang bersifat one size fits all. Anda harus menyesuaikan kit dengan kebutuhanmu dan skenario yang Anda pikirkan.

2.      Bug out bag, untuk survival 72 jam

Bug out bag biasanya berfokus kepada evakuasi, bukan untuk menyintas dalam waktu lama. Salah satu skenario yang cocok untuk penggunaan bug out bag adalah terjadinya bencana dan Anda harus segera pergi dari tempat bencana tersebut. Intinya, isi bug out bag harus bisa membuat Anda survive selama 72. Isinya bisa bermacam-macam, mulai dari air satu galon, pisau Swiss, radio, powerbankcharger ponsel, makanan, hingga obat-obatan pribadi. Anda bisa menaruh bug out bag di tempat strategis, seperti kamar tidur atau ruang kerja.

3.      Vehicle kit, siaga bencana untuk Anda dan kendaraan

Jika Anda seorang survivalist yang sering bepergian dengan kendaraan, ada baiknya Anda persiapkan vehicle survival kit di kendaraan kesayangan Anda. Mempersiapkan vehicle survival kit berbeda dengan mini survival kit atau bug out bag. Anda bisa memasukkan peralatan yang lebih beragam dan rumit, misalnya radio, sabun, alat memasak, alat menjahit, alat medis, dan perkakas. Harus dipahami, peralatan survival Anda tak hanya berisi kebutuhan bertahan hidup manusia, tetapi juga kebutuhan kendaraan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda pun selalu mempersiapkan bahan bakar cadangan atau suku cadang vital di bagasi.

4.      Lifeboat survival kit, agar selamat di lautan

Survival kit yang ini mungkin lebih cocok untuk para survivalist yang gemar bermain air. Harus diingat bahwa standar keselamatan di kapal harus dijaga baik-baik. Setidaknya Anda harus punya baju pelampung dan peluit, pemadam api, dan ember untuk menampung air hujan. Selain itu, Anda bisa mempersiapkan survival kit yang berisi berbagai barang, seperti pisau Swiss, laser pointer, alat pancing, penadah hujan, atau alat desalinasi air laut. Jangan lupa juga untuk menyimpannya di wadah tahan air.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close