MultisportSportainment

4 Jenis Olahraga Air yang Tidak Bikin Bosan, Salah Satunya Menggunakan Perahu Karet

Aktivitas olahraga merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan dan juga menyehatkan tubuh. Olahraga tersebut bisa dilakukan di udara, air, maupun tanah. Jenis-jenis olahraga tersebut pun memiliki tingkat kesulitan dan manfaatnya masing-masing. Anda lebih suka jenis olahraga yang mana? Tertantang untuk mencoba olahraga air?

Jenis olahraga ini cukup menyenangkan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, jika baru mencoba olahraga air, ada beberapa jenis olahraga air yang perlu diketahui dan sederet manfaatnya. Berikut ini beberapa di antaranya.

1.      Snorkeling

Snorkeling adalah jenis olahraga air yang dapat dilakukan di luar ruangan. Untuk melakukan olahraga ini, Anda dituntut untuk menguasai teknik menyelam yang bagus serta peralatan menyelam yang lengkap, seperti tabung oksigen atau tabung snorkel, baju selam, kacamata renang, dan kaki katak.

Olahraga snorkeling dilakukan dalam perairan yang dangkal dengan berbagai keindahan biota laut bawah air. Dengan begitu, Anda dapat menikmati keindahan tersebut tanpa memerlukan peralatan yang berat dan banyak.

Tujuan melakukan olahraga ini adalah mendapatkan keindahan bawah laut, namun sebelum melakukan aktivitas ini pastikan untuk mengecek lokasinya terlebih dahulu. Selain itu, bisa juga mengabadikan momen keindahan bawah laut dengan kamera tahan air.

2.      Diving

Jenis olahraga air selanjutnya adalah divingDiving merupakan jenis olahraga air yang membutuhkan batu loncatan untuk melompat ke dalam air. Olahraga tersebut biasanya diikuti dengan gerakan-gerakan akrobatik sebelum menyelam ke dalam air.

Diving termasuk jenis olahraga air yang bersifat rekreasional, terstruktur, kompetitif, dan profesional. Olahraga ini memang mirip dengan snorkeling, namun keduanya memiliki perbedaan dari cara menyelamnya.

3.      Kano

Kano merupakan jenis olahraga air yang atletnya tidak bersentuhan dengan air secara langsung. Kano memerlukan alat tambahan berupa perahu karet dengan kapasitas penumpang satu orang atau lebih. Perahu karet ini harus didayung di atas air dengan jarak tertentu.

Jenis olahraga ini dapat dilakukan di permukaan air yang tenang, misalnya waduk maupun danau. Olahraga kano ini tidak membutuhkan teknik mendayung, kemampuan menyelam atau kemampuan berenang yang rumit dan eksepsional.

Anda cukup mempersiapkan kondisi tubuh dengan baik agar dapat menikmati olahraga kano. Manfaat dari olahraga air kano ini adalah mengencangkan otot lengan.

4.      Surfing

Surfing merupakan jenis olahraga air yang dilakukan di permukaan air dengan mengendarai gelombang air atau ombak dari tengah laut menuju pantai. Olahraga ini memang memanfaatkan ombak sebagai sarana olahraganya, namun para peselancar memerlukan alat tambahan seperti papan selancar atau surfboard.

Anda cukup berdiri di atas papan selancar dan menunggu ombak datang. Maka dari itu, Anda harus menemukan pantai yang memiliki ombak tinggi di bagian tengah lautnya. Bagi para surfer, gelombang laut yang tinggi dapat menjadi tantangan tersendiri bagi mereka.

Manfaat dari olahraga air ini adalah membantu persoalan kesehatan mental, mendapatkan tidur lebih baik, membakar kalori, memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, dan menghilangkan stress.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close