MultisportSportainment

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sleeping Bag untuk Backpacking

Ketika backpacking atau berpetualang di alam terbuka, salah satu benda penting yang wajib Anda bawa adalah sleeping bag atau kantong tidur. Meski ada banyak sekali pilihan penginapan atau homestay di lokasi tujuan Anda, kantong tidur ini tetap wajib dibawa untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

Nah, karena ada begitu banyak pilihan merek, fitur, dan harga yang patut dipertimbangkan, berikut ini ada beberapa tips memilih sleeping bag yang tepat untuk rencana backpacking Anda.

1.      Perhatikan temperature rating

Temperature rating adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih sleeping bagTemperature rating adalah indikator suhu terendah yang mampu dihadapi sleeping bag.

Secara sederhana, dalam hal ini, kantong tidur terbagi atas tiga jenis: musim panas (1,6◦ C), tiga musim (-12◦ C hingga 1,6◦ C), dan musim dingin (<-12◦ C). Kebanyakan pengguna akan langsung memilih sleeping bag untuk tiga musim karena kalau cuaca terlalu dingin, tinggal memakai sweater atau jaket ketika tidur; sebaliknya kalau terlalu panas, tinggal buka ritsleting sedikit agar angin bisa masuk.

2.      Bentuk sleeping bag

Siapa bilang bentuk sleeping bag tidak penting? Sleeping bag membuat Anda hangat dengan “memerangkap” udara dan menyimpannya di lapisan dalam. Tubuh Anda akan menghangatkan lapisan dalam ini. Semakin sedikit ruang antara tubuh Anda dan lapisan tersebut, semakin cepat dan semakin mudah pula sleeping bag membuat tubuh jadi hangat dan nyaman. Jadi, pilihlah sleeping bag yang sesuai dengan ukuran dan bentuk tubuh Anda.

3.      Jenis insulasi yang digunakan

Ada dua tipe insulasi yang umum digunakan, yaitu sintetis dan downSintetis terbuat dari polyester, sementara down terbuat dari bulu bebek. Sleeping bag yang menggunakan insulasi sintetis akan lebih cepat kering dan tetap bisa menghangatkan meski basah dan harganya juga lebih murah. Kekurangannya adalah sleeping bag sintetis ini memiliki bobot yang lebih berat dan memakan ruang yang cukup besar di ransel.

Sleeping bag dengan insulasi down lebih ringan dan bisa “dikempeskan” ke dalam ransel. Namun, biasanya sleeping bag ini harganya lebih mahal dan tidak bisa menghangatkan tubuh ketika basah.

4.      Perhatikan fitur tambahan yang ditawarkan

Selain fungsi-fungsi inti seperti menghangatkan dan melindungi tubuh ketika tidur, sleeping bag juga dilengkapi fitur-fitur tambahan. Salah satunya adalah tudung. Fitur ini penting ketika bepergian ke tempat yang dingin. Tubuh kita melepas kalor dari kepala, jadi tudung ini penting untuk menutup kepala dan memerangkap panas tubuh.

Selain tudung, sleeping bag modern juga dilengkapi kantong yang bisa digunakan untuk banyak hal. Dengan memasukkan beberapa helai pakaian ke dalamnya, Anda bisa membuatnya menjadi bantal. Atau sekadar menyimpan kacamata, ponsel, atau benda-benda penting lainnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close