Sportainment

4 Gerakan Yoga yang Cocok untuk Pemula

Yoga kini menjadi salah satu olahraga yang memiliki banyak peminat. Maklum, manfaat yang didapat untuk kesehatan begitu besar. Di antaranya adalah memperkuat otot-otot tubuh, meningkatkan fleksibilitas, hingga menenangkan pikiran.

Pada prinsipnya, ada banyak gerakan untuk yoga yang bisa diaplikasikan. Akan lebih baik jika Anda juga didampingi seorang instruktur. Hal itu bisa didapat jika Anda ikut kelas yoga di sebuah studio.

Namun, Anda juga bisa kok menerapkan gerakan-gerakan yoga di rumah. Berikut kami rekomendasikan empat gerakan yang cocok dilakukan untuk pemula.

1. Tree pose

Ini adalah gerakan dasar dalam yoga untuk melatih keseimbangan dan meningkatkan kelenturan. Caranya, Anda bisa memulainya dengan berdiri tegak, letakkan kedua telapak tangan di depan dada, tekuk lutut ke arah luar, dan tempelkan kaki di bagian paha.

Pertahankan pose ini selama 30 detik. Setelah itu, Anda bisa mengganti kaki untuk tumpuan. Ulangi gerakan yang sama sesuai kemampuan Anda.

2. Downward-facing dog

Ini adalah posisi di mana tubuh Anda harus berbentuk huruf V terbalik. Posisi kepala harus menghadap ke bawah. Pertama-tama, Anda bisa melakukan gerakan membungkuk dan meletakkan kedua tangan di atas matras.

Ingat, posisi telapak tangan Anda harus lebih maju dari bahu. Untuk posisi kaki, letakkan lutut di atas matras dengan pse menekuk, lalu angkat. Pastikan posisi tubuh lurus dan tidak membungkuk saat mengaplikasikan gerakan ini. Pertahankan posisi ini sembari menarik napas panjang 5-10 kali.

3. Cat-cow

Ini menjadi salah satu gerakan terpenting dalam yoga. Pose ini juga sangat berguna untuk mengatasi masalah nyeri punggung. Jika rutin melakukannya, manfaatnya bisa Anda rasakan untuk tulang belakang.

Caranya adalah meletakkan telapak tangan dan lutut di atas matras. Lalu, regangkan tulang punggung dengan gerakan menekuk dan meluruskan tubuh. Rasakan secara perlahan hingga merasa tulang punggung Anda tetap lurus.

4. Mountain pose

Ini adalah salah satu gerakan yang paling sederhana. Anda bisa melakukannya dengan berdiri diam sambil membuka dada dan meletakkan tangan di sisi badan.

Gerakan ini juga digunakan untuk menganalisa postur tubuh apakah sudah tepat atau belum. Bukan tak mungkin ternyata bahu Anda miring sebelah atau Anda terlalu membungkuk selama ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close