Sportainment

4 Cara Tepat Merawat Joran Pancing Kesayangan

Joran pancing adalah alat utama dalam kegiatan mengail yang membutuhkan perawatan yang tepat, akan tetapi banyak pemancing mengabaikannya, sehingga sering mendapat gangguan ketika memancing.

Joran pancing merupakan alat yang perlu dirawat dengan baik jika menginginkan awet sepanjang tahun. Jika Anda merawat dengan baik maka bisa berumur panjang dan bisa dipergunakan terus-menerus.

Apabila Anda mengabaikan perawatan joran pancing maka akan mendapat masalah ketika melakukan aktifitas memancing, karena reel atau spinning tidak berfungsi. Lalu bagaimana cara merawat joran pancing agar joran yang Anda miliki awet dipakai sampai lama? Simak tips berikut ini.

1.      Cuci joran setelah digunakan

Gunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan joran, utamakan bilas dibagian ring dan reel seatnya karena bagian itu yang rentan rusak karena korosi.

2.      Setelah dicuci, beri pelumas

Oleskan pelumas pada bagian-bagian yg berbahan logam pada joran akan membantu untuk melunturkan sisa sisa air laut yang menempel pada joran, sisa air laut akan membuat joran menjadi mudah korosi.

3.      Jemur di bawah sinar matahari

Setelah mencuci joran jangan pernah jemur joran di bawah terik matahari langsung, karena panas yang berlebihan akan membuat lapisan clear pada joran jadi mudah rusak dan akan menjadi pecah pecah.

4.      Simpan joran dalam tas pancing

Lebih baik jika joran dimasukan ke dalam sarungnya ketika tidak digunakan dalam waktu lama, selain membuat joran tidak mudah berdebu, memasukan joran dalam sarungnya setelah tidak digunakan juga meminimalkan joran lecet karena bergesekan dengan tempat menaruh joran.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close