MultisportSportainment

4 Cara Tepat Dalam Memilih Sepatu Sepeda Sesuai Kebutuhan

Sepatu sepeda adalah salah satu aksesoris sepeda yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang memiliki hobi sepeda. Baik itu pemula, amatir, apalagi seorang professional, sudah tentu harus memiliki sepatu khusus untuk bersepeda.

Masing-masing olahraga memiliki sepatu khusus, begitu juga dengan bersepeda, sebaiknya Anda harus menggunakan sepatu khusus sepeda. Bahkan, sepatu khusus sepeda ini juga memiliki beberapa jenis dan perbedaan disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya.

Ada cara dan trik serta tips dalam memilih sepatu ini agar Anda tidak salah beli, dan tentunya tidak menyesal di kemudian hari. Berikut tips memilih sepatu sepeda yang tepat.

1.      Sepatu sepeda untuk pesepeda kasual

Bagi Anda yang hanya menggunakan sepeda untuk rekreasi dengan intensitas yang sangat rendah, Anda tidak harus menggunakan sepatu yang khusus dan mahal. Alternatifnya Anda bisa menggunakan sepatu sneakers atau sepatu lari, atau jenis sepatu untuk olahraga lainnya.

Namun, pilihlah sepatu yang memang memiliki sol keras, hal ini dikarenakan agar dapat menyalurkan tenaga dan energi dari gerakan kaki ke pedal dengan baik. Selain itu, sepatu yang dikenakan juga harus membuat kaki Anda mencengkeram pedal dengan baik.

2.      Sepatu sepeda untuk pesepeda aktif

Bila Anda menggunakan sepeda yang berjam-jam atau dengan intensitas yang tinggi, maka dibutuhkan sepatu yang khusus untuk bersepeda. Anda membutuhkan sepatu dengan performa terbaik dengan memberikan grip yang sangat baik terhadap pedal. Sepatu khusus sepeda dengan grip yang buruk akan sangat berisiko membuat kaki Anda cedera. Sepatu dengan jenis grip yang baik akan mampu menyalurkan tenaga secara optimal ke pedal.

3.      Sepatu sepeda untuk road bike

Memilih sepatu memang harus disesuaikan dengan beberapa faktor seperti gaya bersepeda, kebutuhan, pengalaman, dan beberapa faktor lainnya. Untuk Anda yang menggunakan road bike, atau sepeda balap, maka diharuskan menggunakan sepatu khusus road riding. Sepatu jenis ini akan membuat Anda mengayuh dengan nyaman pada trek permukaan keras.

Sepatu khusus jenis road riding juga memiliki bagian atas dari nilon dengan sol yang kaku. Untuk kayuhan yang lebih halus, ada juga jenis sepatu dengan sol serat karbon. Anda juga memiliki pilihan untuk mengatur sepatu ketika bersepeda di aspal untuk membantu kayuhan.

4.      Sepatu sepeda untuk off-road

Khusus untuk pesepeda gunung atau off-road, jenis sepatu tanpa klip menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pesepeda jenis MTB atau off-road akan bisa lebih leluasa menurunkan kaki mereka dari sepeda, untuk mendorong sepeda atau bahkan memanggulnya menaiki bukit curam.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close