Sportainment

4 Cara Memilih Sepatu Tenis yang Sesuai dengan Gaya Bermain

Jika ingin tampil prima dalam suatu olahraga, lebih baik Anda maksimal dalam memilih perlengkapan olahraga. Termasuk memilih sepatu olahraga tentunya.

Hal sama dengan olahraga tenis, Anda harus memilih sepatu yang tepat untuk kenyamanan kaki saat bermain. Penting untuk membeli sepasang sepatu yang benar dari yang dapat sesuai dengan kaki dan memberikan Anda dengan kenyamanan.

Apalagi permainan tenis menuntut banyak pergerakan untuk menjemput datangnya bola. Untuk itu, Anda harus menggunakan sepatu yang pas dan nyaman yang telah didesain khusus bermain tenis lapangan.

Selain itu sepatu yang tepat juga dapat meminimalisir terjadinya cedera kaki. Berikut beberapa tips saat membeli sepatu tenis lapangan dengan tujuan agar Anda mendapatkan sepatu yang tepat dan sesuai yang diinginkan.

1.      Sesuaikan dengan tipe permainan

Gaya bermain Anda di lapangan tenis merupakan faktor penentu dalam memilih sepatu yang paling sesuai untuk kaki Anda. Untuk itu, hal pertama yang Anda pahami ialah bagaimana tipe permainan.

Setelah itu, baru Anda bisa menentukan sepatu apa yang cocok untuk mendukung gaya bermain. Apabila Anda ternyata pemain baseline yang gemar bermain di belakang garis, cari sepatu dengan bantalan superior. Bantalan ini membuat kaki Anda merasa nyaman saat harus bergerak menyamping sepanjang waktu.

Berbeda jika Anda merupakan pemain dengan tipe serve and volley yang lebih suka mendekati jaring setelah melakukan service. Pemain dengan tipe ini membutuhkan sepatu dengan ujung yang awet untuk meningkatkan fleksibilitas gerakan kaki.

2.      Sesuaikan dengan jenis lapangan

Ada tiga jenis lapangan tenis. Yang pertama ialah tipe hard court, yang kemudian dibagi lagi menjadi dua, yakni acrylic dan synthetic. Permukaan lapangan yang keras tentu membuat sepatu harus bekerja keras. Makanya, pilih sepatu yang menyediakan bantalan superior sehingga kaki akan tersangga dengan baik dan Anda merasa nyaman sepanjang pertandingan.

Yang kedua ialah clay court alias lapangan yang permukaannya merupakan tanah liat. Lantaran permukaannya lembek, ketika bertanding di lapangan seperti ini, Anda harus pilih sepatu yang menawarkan cengkraman kuat. Dengan demikian, Anda tetap bebas bergerak di permukaan tanah liat yang licin.

Terakhir ialah grass court. Lapangan rumput ini termasuk tipe lapangan tenis tertua. Rata-rata pabrikan sepatu menciptakan sepatu tenis agar tidak merusak rumput lapangan. Anda bisa memilih jenis sepatu dengan sol yang bermotif dan bagian atas sepatu yang merupakan perpaduan bahan jaring dan sintetis.

3.      Desain dan bahan

Peganglah sepatu sebelum membeli. Anda bisa melihat bahannya dan modelnya terlebih dahulu. Usahakan membeli sepatu yang berbahan lembut dan nyaman.

Biasanya sepatu ini didesain datar dan bermaterial sedikit agar keras yang berguna untuk menahan kaki dan control keseimbangan saat bermain.

4.      Pas di kaki

Pilih sepatu yang pas sesuai dengan kaki Anda. Cari sepatu yang dapat membuat kaki Anda nyaman, model sepatu tenis ada beberapa macam. Ada yang bagian depannya sedikit melengkung, ada yang datar dan melebar. Pastikan ruang di bagian jari jari tidak sempit.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close