MultisportSportainment

3 Tips Merawat Frame dan Komponen Sepeda Berbahan Karbon

Frame sepeda karbon dan komponen berbahan karbon sudah semakin banyak ditemui sekarang ini. Harganya juga sudah lebih murah, tetapi masih tetap lebih mahal dari bahan alloy, besi dan aluminium. Tidak hanya pada sepeda pro, tetapi bahan rangka karbon sudah mulai banyak dipakai pada sepeda level menengah. Walaupun kuat, tetapi karbon memerlukan perawatan dan perhatian khusus.

Frame berbahan karbon termasuk rangka yang awet. Bahkan ada pabrikan yang berani memberikan garansi bertahun-tahun untuk frame karbon mereka. Meski begitu, tetap saja frame karbon harus dirawat dengan benar. Nah, berikut ini ada beberapa tips merawat frame dan komponen sepeda berbahan karbon.

1.      Jangan menjepit frame saat disimpan

Jangan menggunakan penjepit atau clamp pada frame karbon, penjepit berpotensi menghancurkan material karbon, apalagi jika terlalu kencang.

Selain itu, bike carrier yang dipasang di mobil sebaiknya dihindari jika sepeda kamu berbahan karbon, sebab guncangan akan membuat beban meningkat dan berpotensi meremukkan frame karbon.

Sebaiknya gunakan gunakan bike carrier yang dicantol atau dikaitkan agar lebih aman dari bagian yang terjepit.

2.      Rutin mengoleskan pasta karbon

Pasta karbon atau grease biasa dipakai pada dua komponen sepeda yang saling menempel agar keduanya tidak menempel.

Setiap pasta karbon mempunyai bahan dan komposisi untuk pemakaian pada material tertentu. 

Pilihlah pasta khusus untuk material karbon, untuk mengurangi resiko terlalu menempel, mengurangi gesekan dan juga menghindari bersinggungan dengan bahan metal.

3.      Gunakan pelindung frame

Pelindung frame atau frame protector ini berbentuk seperti sticker dan tape yang kemudian di tempelkan di frame sepeda.

Produk ini tidak hanya melindungi frame karbon dari batuan dan debu, tetapi dari gesekan kabel shifter atau rem yang kemungkinan ada.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close