MultisportSportainment

3 Tips Menjaga Matras Yoga Agar Tetap Bersih dan Tidak Bau

Matras yoga adalah salah satu alat olahraga yang langsung bersentuhan dengan penggunanya. Dengan kata lain, keringat dari penggunanya pun akan menempel dan pastinya jadi tempat kuman bersarang di sana. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa matras merupakan salah satu alat olahraga di gym yang memiliki kuman paling banyak dibanding alat olahraga lainnya.

Buat Anda yang memiliki matras yoga dan sering menggunakannya, ada baiknya mulai rajin membersihkannya supaya matras tidak berbau dan kotor. Berikut beberapa trik untuk membersihkan matras.

1.      Rendam dengan air hangat dan sabun cuci

Saat Anda matras yoga Anda sudah terlihat kotor dan beraroma tidak sedap, saat itulah Anda sudah harus membersihkannya. Memang, sebaiknya Anda menggunakan bathtub supaya matras yoga Anda bisa dibentangkan. Kalau tidak ada, gunakan ember panjang.

Rendam matras dengan air hangat dan sabun cuci. Sebaiknya tidak menggunakan deterjen yang terlalu keras dan bisa merusak lapisan karet matras yoga. Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan permukaan yang kotor. Jangan terlalu lama merendam matras. Anda pun cukup mengelap permukaan yang terlihat kotor, tidak perlu disikat.

Bilas dengan air bersih dan keringkan. Anda bisa menggunakan handuk bersih untuk membantu mengeringkan air pada matras. Setelah tidak terlalu basah, Anda bisa menjemurnya di ruangan terbuka. Sebaiknya tidak langsung terkena sinar matahari.

2.      Setelah dipakai bersihkan dengan cuka dan lap kering

Merendam matras yoga terlalu sering juga tidak terlalu baik. Jadi, Anda bisa membersihkannya selepas menggunakannya. Caranya pun tidak terlalu sulit dan alat-alat yang dibutuhkan juga bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Anda cukup menggunakan botol semprotan bersih, cuka, sabun cuci, dan air, serta lap kain bersih. Anda tinggal membuat campuran pembersihnya di dalam botol semprotan. Cukup masukkan air, cuka, dan sabun cuci ke dalam botol.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Setelah selesai menggunakan matras , Anda tinggal menyemprotkan cairan pembersih tersebut ke permukaan matras yoga dan lap hingga kering. Untuk lebih nyamannya lagi, Anda bisa menambahkan sabun cuci yang beraroma buah-buahan. Jadi, Anda akan menghirup aroma tersebut setiap kali menggunakan matras.

3.      Rutin untuk menjemur matras

Baik sering menggunakannya atau tidak, ada baiknya jangan selalu menyimpan matras yoga di dalam lemari. Udara lembab bisa membuatnya berjamur. Keluarkan matras dalam kurun waktu tertentu (satu minggu sekali) dan biarkan terkena udara luar dan cahaya matahari.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close