Sportainment

Tips Memilih Pakaian Selam Pertama untuk Olahraga Air, Apa Saja?

Pakaian selam atau wetsuit yang berkualitas baik dapat membuat perbedaan yang signifikan. Memilih pakaian selam juga terbilang cukup sulit.

Kawasan laut Indonesia yang luas membuat banyak petualang ingin mengeksplor segala keindahan laut. Sehingga kegiatan scuba diving, free diving, hingga snorkeling menjadi primadona di kalangan petualang. Olahraga air memiliki perbedaan tergantung dari tingkat kedalaman serta alat selam yang digunakan. Peralatan yang dibutuhkan juga terbilang tidak mudah dan nggak sedikit.

Salah satu peralatan selam yang paling penting adalah pakaian selam atau wetsuit. Pakaian yang berkualitas akan membuat tubuh tetap hangat walaupun berada di dalam air. Kalau memakai pakaian selam sendiri maka akan terhindar dari ukuran yang nggak pas sehingga tetap nyaman saat dipakai. Sebelum membeli secara impulsif, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips memilih pakaian selam.

1.  Ukuran adalah segalanya

Pakaian selam lebih penting dari peralatan selam lainnya. Makanya ukuran yang pas adalah segalanya. Salah satu cara memilihnya bisa dengan trapping lapisan tipis air di antara tubuh dengan setelan. Dari sini akan membantu pakaian selam tetap nyaman selama dipakai. Kalau pakaian selam nggak pas maka air dapat mengalir masuk lewat leher, pergelangan tangan, dan kaki saat menyelam.

Sehingga setelan tersebut nggak dapat melakukan fungsi thermal sepenuhnya. Ada beberapa hal yang perlu dipastikan diantaranya, segel leher harus pas tapi nggak terlalu kencang, segel pergelangan tangan serta kaki harus menempel pada kulit.

2.  Pilih tingkat perlindungan termal yang tepat pada wetsuit

Tidak ada gunanya membeli pakaian selam lapisan ganda tujuh mm yang canggih kalau menyelam di daerah tropis dan tidak menyelam di daerah lebih dingin. Demikian juga, pakaian selam tiga mm tidak akan membantu Anda di perairan negara beriklim dingin. Belilah pakaian selam untuk jenis penyalaman yang ingin Anda lakukan, sehingga nyaman saat di dalam air atau pantai.

Pakaian selam terdapat peringkat ketebalan cukup standar yang diukur dalam milimeter. Semakin tebal maka akan semakin hangat. Misalnya saat suhu berada di 23 hingga 29 celcius maka pilih yang ketebalannya satu atau tiga mm. sedangkan saat suhu berada di empat hingga 10 celcius maka pilih yang lebih hangat seperti tujuh mm atau setelan ganda.

3.  Pertimbangkan berat dan daya apung wetsuit

wetsuit neoprene mengandung gelembung udara kecil pada bahan pakaiannya. Ini akan membantu tubuh lo tetap hangat, tapi membutuhkan lebih banyak bobot kalau Anda menyelam dengan setelan yang lebih tebal daripada yang lebih tipis. Pakaian selam baru juga lebih mudah mengapung. Sehingga penyelam akan mengompres sehingga mereka akan kehilangan sedikit daya apung.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close