MultisportSportainment

3 Tips Memilih Skateboard yang Tepat Sesuai Ukuran Tubuh

Bila Anda seorang skater pemula dan ingin menentukan ukuran skateboard yang tepat untuk Anda maka hal yang pertama yang perlu Anda perhatikan adalah bukan desain atau tampilannya melainkan papan skate.

Ukuran dek berbeda terutama pada bagian lebar skateboard itu sendiri. Dari dek tersebut hal yang perlu Anda soroti adalah lebarnya bukan panjang atau jarak sumbu rodanya. Panjang tidak begitu berpengaruh, Anda hanya perlu fokus pada lebar karena lebar dek yang Anda butuhkan harus disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda, gaya bermain, serta preferensi pribadi.

Terdapat tiga jenis ukuran dek yang bisa membantu Anda memilih papan skate yang tepat dan memilih dek yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda dengan mengikuti tiga tips berikut ini sebagai panduan.

1.      Papan skate full size untuk melakukan banyak trik

Dek pada papan luncur memiliki lebar mulai dari 7,5 inci (19,05 cm) hingga 8 inci (20,32 cm) atau seterusnya itu disebut dek dengan ukuran full size. Dek ini didedikasikan untuk para skater dewasa yang ingin menggunakan papan skate-nya untuk aktivitas yang lebih kreatif dan ingin mengeksplorasi gaya bebas seperti meluncur di jalan, melakukan trik-trik yang lebih teknis, terbang, teknik sulit, dan lain sebagainya.

Pada umumnya, para skater yang cocok menggunakan dek yang memiliki lebar Full Size adalah mereka yang berusia diatas 13 tahun, memiliki tinggi diatas 5,3 inci (161,54 cm), serta ukuran sepatu mulai dari ukuran 9 inci (39 cm) atau di atasnya. Bagi para pemula, sangat penting untuk memperhatikan poin ini agar Anda tidak salah untuk memilih yang sesuai dengan ukuran tubuh.

2.      Papan skate mid size untuk belajar melaju di atas papan

Berbeda dengan full size, dek papan yang memiliki lebar 7,3 inci (18,54 cm) ini bernama mid size yang dikhususkan untuk anak muda yang ingin menggunakan papan luncurnya di area kolam, lintasan landai, taman kota dan area lainnya. Biasanya, skater yang menggunakan ukuran dek dengan lebar mid size adalah mereka yang berusia antara 9 hingga 12 tahun yang memiliki tinggi antara 4,5 inci (137,16 cm) dan 5,2 inci (158.50 cm) serta ukuran sepatu mulai dari 7 (37) – 8 (38).

3.      Papan skate mini untuk anak-anak

Ukuran terakhir adalah ukuran mini dimana deknya memiliki lebar 7,0 inci (17,78 cm) yang dikhususkan untuk anak-anak yang ingin menggunakan papan luncurnya di area yang aman dan juga merupakan skater pemula yang masih segar. Skater yang menggunakan ukuran dek dengan lebar mini adalah mereka yang berusia antara 6 hingga 8 tahun serta memiliki tinggi antara 3’5” (106.68 cm) dan 4’4” (134.11 cm) serta ukuran sepatu mulai dari 4 (34-35) – 6 (36).

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close