MultisportSportainment

3 Panduan Memilih Sepatu Hiking yang Pas di Kaki

Memilih sepatu hiking yang pas dan nyaman di kaki bisa dibilang tidak terlalu sulit, apalagi kalau Anda termasuk pemula dalam hal ini. Terlebih Anda yang membeli sepatu gunung secara online. Biasanya sepatu gunung tersebut tidak nyaman dipakai, entah itu lebar sepatu yang kurang pas, ujung kaki terlalu sempit, hingga sepatu yang kegedean.

Oleh karena itu, Anda perlu membeli sepatu hiking secara langsung di gerai perlengkapan outdoor. Dengan begitu, Anda bisa memilih ukuran sepatu yang tepat dan pas di kaki. Nyatanya, setiap model dari merk sepatu punya lebar, panjang, dan ruang di dalam sepatu yang berbeda. Jadi, meski ukurannya sama, setiap merek sepatu memiliki perbedaan masing-masing.

Nah, supaya Anda mudah memilih ukuran sepatu gunung yang pas di kaki, berikut ini ada beberapa panduan yang mesti Anda lakukan.

1.      Persiapkan kaos kaki dan bantalan kaki

Sebelum memilih ukuran sepatu hiking, Anda butuh perlengkapan bantalan kaki. Bantalan kaki ini merupakan peralatan mendaki gunung yang berfungsi sebagai lapisan tambahan pada kaki.

Jenis bantalan kaki pertama yang bisa digunakan adalah kaos kaki tebal, yang berfungsi menjaga kaki supaya tetap hangat dan membuat pijakan lebih empuk. Yang kedua ada footbeds insole yang bisa menjadi media peredam guncangan dan mencegah kaki lecet. Dan yang ketiga ada orthotics, yang didesain khusus buat orang dengan kelainan telapak kaki, yang bisa membuat pendaki berdiri lebih tegak.

2.      Gunakan bantalan kaki saat memilih sepatu

Selanjutnya, Anda harus membawa perlengkapan bantalan kaki saat membeli sepatu gunung di toko perlengkapan outdoor. Dengan membeli sepatu secara langsung, Anda jadi bisa menyentuh dan mencobanya sampai menemukan yang pas di kaki.

Jadi, kalau Anda menggunakan kaos kaki outdoorfootbeds, atau orthotics, Anda bisa mensimulasikannya secara langsung. Jadi Anda bisa merasakan secara nyata, kenyamanan dan kualitas sepatu gunung saat semua perlengkapan pendukung sudah terpasang.

3.      Lakukan pengetesan kenyamanan sepatu gunung

Langkah selanjutnya ini menjadi salah satu trik jitu dalam menemukan ukuran sepatu yang pas di kaki.

Pertama, Anda harus kenakan kaos kaki yang biasa dipakai buat naik gunung atau kaos kaki khusus kegiatan outdoor.

Kedua, masukkan bantalan kaki yang biasa dipakai ke dalam sepatu gunung.

Ketiga, pakai sepatu gunung lengkap dengan kaos kaki dan bantalan kaki tersebut. Lalu coba rasakan kenyamanannya.

Keempat, lakukan pengetesan kelenturan sepatu. Untuk jenis sepatu gunung yang berbahan lentur, silahkan lakukan tes kelenturan sepatu. Anda bisa mencoba berdiri dan bengkokkan ujung kaki seperti orang jinjit. Cobalah berkali-kali, jinjit-menapak-jinjit-menapak. Kalau nyaman, coba Anda pakai untuk jongkok.

Kelima, kalau semuanya sudah pas, coba kencangkan tali sepatu dan pakai sepatu hiking untuk berjalan selama 2 menit. Biarkan kaki Anda merasakan dan memutuskan apakah sepatu gunung tersebut nyaman atau tidak.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close