Multisport

3 Kelebihan Sepatu Futsal dari Sepatu Olahraga Lainnya

Beda jenis olahraga, beda pula jenis sepatu yang dibutuhkan. Meskipun permainannya mirip dengan sepakbola, Anda tidak bisa memakai sepatu bola saat bermain futsal. Anda butuh sepatu yang memang khusus diciptakan untuk bermain futsal.

Sepatu futsal memungkinkan Anda mendapatkan kenyamanan, dukungan, serta traksi untuk permainan yang cepat dan menantang ini. Ada juga yang menganggap sepatu lari bisa dipakai untuk bermain futsal. Apalagi baik kedua sepatu olahraga ini tampil dengan desain yang mirip.

Sebenarnya, apa yang membedakan sepatu olahraga futsal dengan sepatu olahraga lain? Simak ulasan berikut ini.

1.      Desain sepatu

Permukaan yang lebih keras pada lapangan futsal membuat bola menggelinding dengan sangat mudah dan cepat. Anda harus bisa mengimbanginya dengan bergerak lebih cepat juga.

Oleh karena itu, desain seaptu ini dibuat untuk menyesuaikan kondisi ini. Salah satunya dengan membuat sol bawah yang terbuat dari karet. Pada sol bawah sepatu sepakbola, terdapat gerigi semacam paku untuk mencengkeram permukaan yang lembek. Sementara, sol karet tanpa gerigi membuat kamu mudah berlari di atas lapangan futsal.

2.      Fungsi utama sepatu

Sepatu ini dirancang untuk mendukung gerakan Anda di atas permukaan lapangan yang keras dan cenderung licin. Meski sekilas desain sepatu futsal mirip dengan sepatu lari, hindari memakai sepatu lari saat kamu bermain futsal.

Dengan mengunakan sepatu ini, Anda punya keseimbangan yang lebih baik dibandingkan saat memakai sepatu olahraga lain. Struktur sepatu ini dibuat untuk gerakan memotong dan berputar.

Sedangkan sepatu lari punya bantalan tumit yang lebar dan cukup tebal. Pasalnya, pelari melakukan gerakan ke depan yang membuat kaki harus terus menopang berat badan. Jika Anda memakai sepatu lari saat bermain futsal, gerakan Anda akan menjadi tidak stabil dan rentan mengakibatkan cedera.

3.      Bobot sepatu

Agar bisa mendukung kecepatan lari pemakainya, sepatu ini didesain sedemikian rupa menjadi sepatu yang ringan di kaki. Jadi, Anda bisa berlari dengan lincah memberikan bola pada rekan sesama tim dan berkoordinasi sampai tercipta gol.

Sepatu olahraga futsal ini ditujukan meningkatkan kecepatan lari kamu di lapangan. Jika dibandingkan sepatu lari, bobot sepatu ini hampir mirip, sama-sama ringan. Sementara, sepatu sepak bola cenderung lebih berat.


Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close