MultisportSportainment

3 Jenis Reel Pancing yang Harus Diketahui Pemula

Reel pancing (penggulung senar) adalah satu bagian penting dan tak terpisahkan dalam aktivitas memancing. Untuk berbagai keperluan memancing ada berbagai ukuran reel. Diantaranya ada reel ukuran kecil, menengah, dan besar. Materialnya pun beragam. Dari bahan aluminium, kuningan, hingga logam campuran (alloy).

Dari berbagai jenis dan macam reel pancing, ada tiga yang umum atau sering dipakai oleh para pemancing disesuaikan oleh kebutuhan. Berikut jenisnya diambil dari berbagai sumber. 

1.      Reel baitcasting untuk teknik casting

Reel baitcasting dirancang untuk menggunakan teknik casting. Dalam teknik casting tentu Anda akan terus menerus melempar umpan buatan. Sehingga butuh waktu dan lemparan yang tepat dan akurat menuju spot yang dianggap menjanjikan agar ikan bisa hook up.

Reel baitcasting merupakan reel yang termasuk dalam kategori reel overhead, atau reel yang dudukannya di atas joran pancing. Menggunakan reel ini tidaklah semudah menggunakan reel spinning, dibutuhkan latihan dan pengalaman dalam menggunakan reel ini. Reel ini memerlukan kontrol dan feeling yang bagus terutama saat melakukan pengereman lajunya senar. diperlukan latihan dan membiasakan diri untuk mengasah feeling dalam memainkan reel ini.

2.      Reel trolling memiliki kemampuan drag lebih tinggi

Reel trolling merupakan jenis reel khusus yang digunakan saat memancing dengan menggunakan teknik trolling, yaitu teknik menyeret umpan di laut dengan menggunakan kapal dalam kecepatan tertentu.

Bentuknya hampir sama dengan reel casting dan juga termasuk dalam reel overhead. Namun, perbedaannya bedanya terdapat pada spesifikasinya yang diperuntukkan untuk teknik trolling saja.

Reel trolling memiliki bobot yang lebih berat, bentuknya lebih besar, spool lebih besar dan kemampuan drag-nya lebih tinggi. Hal ini dirancang supaya bisa memuat lebih banyak senar pancing dan lebih efektif dalam fight dengan ikan-ikan yang besar.

3.      Reel spinning bisa digunakan di berbagai spot

Reel spinning adalah salah satu jenis reel yang paling banyak digunakan oleh para pemancing, alasannya sederhana karena sangat mudah untuk dioperasikan. Reel jenis ini dapat digunakan dalam berbagai kondisi spot yang menjadi target Anda.

Secara umum, dalam menggunakan reel jenis ini Anda cukup membuka bail arm, yaitu tempat untuk mengarahkan senar saat digulung, lalu umpan dilempar sesuai target yang Anda tuju. Kemudian ditutup kembali dan begitu seterusnya tergantung teknik yang digunakan. Bagian lainnya dari reel ini terdapat drag knob yaitu putaran untuk mengatur besaran tarikan ikan sesuai dengan keinginan Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close